Kekuatan Hang Seng 13 Juli Moderat, Diperkuat Lonjakan Saham Tambang

439
indeks hang seng
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Hong Kong menutup perdagangan awal pekan hari Senin (13/7/2020) dengan kenaikan moderat setelah mendapat tekanan jual dari berita aksi pembalasan sanksi China untuk Amerika Serikat. Pergerakan kuat saham sudah terjadi sejak awal sesi oleh sentimen positif bursa Asia yang angkat bursa saham Asia lainnya.  

Pemerintah Beijing  mengumumkan  sanksi terhadap pejabat dan saham-saham bursa AS, termasuk diantaranya Senator AS dari partai Republik Marco Rubio. China melakukan pembalasan atas sanksi Washington terhadap pejabat senior China atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Uighur.

Indeks Hang Seng ditutup naik 44,71 poin atau 0,17% pada 25,772.12, setelah akhir pekan lalu bearish. Demikian untuk indeks saham  Cina  Enterprise (HSCE)  dengan 60 saham unggulan naik 0,33% atau 34,62 poin menjadi  10.575,88.  

Melihat pergerakan secara sektoral,  indeks Hang Seng paling banyak disupport  oleh lonjakan   saham tambang dan energi dengan penguatan 5,09% dan 1,3% masing-masing. Sektor lainnya ditutup pada zona hijau terkecuali saham sektor IT yang tetap di zona merah dengan anjlok 0,44%.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here