PMI Triwulan II: Kinerja Industri Pengolahan Kontraksi Tambah Dalam; Tw III Diprakirakan Meningkat

148
Photo: Vibizmedia

(Vibiznews – Economy) – Bank Indonesia merilis data kinerja sektor Industri Pengolahan pada triwulan II-2020 yang berada dalam fase kontraksi yang lebih dalam. Hal tersebut tercermin dari Prompt Manufacturing Index (PMI) Bank Indonesia sebesar 28,55%, turun dari 45,64% pada triwulan I-2020 dan 52,66% pada triwulan II-2019.

“Kontraksi PMI pada triwulan II-2020 terjadi pada seluruh komponen pembentuk PMI Bank Indonesia, dengan kontraksi terdalam pada komponen volume produksi sejalan dengan menurunnya permintaan sebagai dampak pandemi COVID-19. Secara sektoral, seluruh subsektor mencatatkan kontraksi pada triwulan II-2020, dengan kontraksi terdalam pada subsektor Tekstil, Barang Kulit dan Alas Kaki,” demikian catatan dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia kepada media, Senin (13/7)

Sumber: BI, 13-7-2020

BI mencatat bahwa pada triwulan III-2020, kinerja sektor Industri Pengolahan diprakirakan membaik meskipun masih berada pada fase kontraksi. PMI Bank Indonesia pada triwulan III-2020 diprakirakan sebesar 45,72%, meningkat dari 28,55% pada triwulan II-2020. Seluruh komponen pembentuk PMI Bank Indonesia mengalami perbaikan meskipun masih berada pada fase kontraksi. Peningkatan tertinggi terjadi pada komponen indeks volume total pesanan dan volume produksi.

Analis Vibiz Research Center melihat penurunan yang cukup dalam dari kinerja sektor Industri Pengolahan triwulan II ini sebagai dampak langsung dari pandemi COVID-19. Ini tidak dapat dihindari, sedang tejadi secara bersamaan di berbagai negara di dunia. Sebagai catatan, dapat dilihat bahwa penurunan ini cukup dalam. Namun, optimisme masih kuat di kalangan dunia usaha. Terlihat dari prakiraan kenaikan yang akan cukup tajam juga pada triwulan III nanti, sejalan dengan masa new normal yang diberlakukan pada daerah-daerah yang sudah memungkinkan. Kita berharap wabah virus ini terus menurun signifikan di sebagian besar provinsi dan kota kita, sehingga sector industry dapat cepat pulih.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here