Rekomendasi Harga Minyak 13 – 17 Juli 2020: Berhasil Bangkit Dari Kejatuhan

354

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berjangka AS WTI mengalami kebangkitan sejak perdagangan sesi Uni Eropa pada hari Jumat minggu lalu setelah mengalami tekanan jual yang kuat selama hari Kamis. Sekali lagi pada hari Jumat, harga WTI berhasil melewati $40 dan sekarang diperdagangkan di $40.72 per barel. Masih ada beberapa zona resistance yang harus ditembus tetapi pergerakan harga minyak saat ini sangat positip. Zona resistance yang pertama adalah di $41.13.

Pada hari Kamis harga WTI sempat turun lebih dari 1.50%, menembus level $39 menyentuh level terendah dalam delapan hari di $38.76. Setelah gagal bertahan di atas level $41 pada hari Kamis, para penjual telah kembali menyerbu, terutama dengan naiknya kasus coronavirus. Kenaikan kasus coronavirus mencapai rekornya di Amerika Serikat dan penutupan lokal di kebanyakan titik-titik panas global telah memadamkan harapan akan kebangkitan ekonomi yang lebih cepat. Keragu-raguan atas pemulihan ekonomi global ini melemahkan outlook pertumbuhan permintaan minyak sehingga memberikan pukulan terhadap harga minyak.

Namun harga minyak WTI akhirnya kembali bangkit karena berita mengenai obat dan vaksin Covid-19 yang menggembirakan yang menekan turun dolar AS. Kenaikan harga minyak mentah ditambah lagi setelah International Energy Agency (IEA) memperbaiki outlook permintaan minyak untuk sisa dari tahun ini.

Data penghitungan dari Baker Hughes juga menambah dorongan naik dari harga minyak dengan penurunan sebanyak 4 penyulingan dari 185 menjadi 181 dan diperkirakan masih akan terus turun.

Indikator tehnikal bervariasi, namun Relative Strength Index masih berada diatas garis 50 yang menunjukkan masih ada ruang untuk kenaikan harga minyak dengan “resistance” terdekat berada di $40.75 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $41.76 dan kemudian $42.43. Sedangkan “support” terdekat berada di $39.07 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $38.39 dan kemudian $37.38.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here