Harga Batubara ICE Eropa Awal Pekan Terangkat Pemangkasan Produksi

345

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan komoditas batubara internasional awal pekan yang berakhir Selasa dinihari WIB (14/7/2020) alami kenaikan harga dari posisi pelemahan sesi sebelumnya. Harga batubara NewCastle  di bursa ICE Eropa alami kenaikan menepis tekanan anjloknya harga minyak mentah dunia dan juga gas alam.

Sentimen positif yang mengangkat harga jual batubara NewCastle datang dari laporan Argus terkait pemangkasan produksi batubara di Australia setelah melaporkan periode Januari-Juni 2020 banyak perusahaan tambang yang merugi. Kerugian disebabkan turunnya harga batubara sejak bulan Maret 2020.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Agustus 2020 di ICE Eropa ditutup pada posisi US$54,50. Harga alami kenaikan  US$0,50 atau 0,93% dari penutupan sesi sebelumnya. Awal sesi harga dibuka pada posisi yang sama di US$54.50.

Pada perdagangan sebelumnya, jika harga minyak mentah dan gas alam anjlok maka akan berdampak pada pergerakan harga batubara berjangka yang melemah. Sepanjang perdagangan awal pekan kedua harga komoditas energy internasional tersebut anjlok parah hingga 5% lebih untuk gas alam. Sedang minyak mentah jenis Brent turun 1,20%.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here