Harga Karet Tocom 14 Juli Terkoreksi oleh Penguatan Yen Jepang

440

(Vibiznews – Commodity) – Pergerakan positif harga karet di bursa komoditas berjangka internasional hari Selasa (14/7/2020) terpangkas kembali setelah bangkit dari posisi terendah sepekan pada sesi awal pekan.  Pelemahan harga karet Tocom di bursa Jepang yang juga diikuti oleh bursa Sicom dan SHFE mendapat tekanan dari penguatan yen di sesi Asia.  

Perdagangan sebelumnya harga karet Tocom menguat hiraukan sentimen negatif mendapat support dari proyeksi peningkatan konsumsi global karet oleh  Asosiasi Negara Penghasil Karet Alam (ANRPC), hari ini tertekan ikuti sentimen bursa saham yang dikhawatirkan laju peningkatan kasus baru terinfeksi coronavirus.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Desember 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup melemah 0,5 yen atau 0,32%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 156.3 yen. Sempat bergerak kuat  ke posisi 157,3  dan turun ke posisi rendah di 155,5.

Tekanan jual karet di bursa Tocom awal sesi Asia datang dari posisi penguatan yen Jepang terhadap dolar AS yang merugikan aset investasi berbasis mata uang yen. Kemudian dibayangi oleh penutupan pasar minyak mentah yang kurang menggembirakan dengan harga anjlok 1% lebih.

Pada perdagangan karet di bursa Singapura – Sicom, harga terakhir untuk kontrak berjangka bulan Agustus melemah US$0,4  atau 0,34% ke posisi 117.1. Untuk perdagangan  karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan September berada di posisi 10600 yuan, yang melemah 10 yuan atau 0,9% dari posisi sebelumnya. 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here