Harga Karet Tocom 15 Juli Diperkuat oleh Proyeksi Ekonomi Jepang

822

(Vibiznews – Commodity) – Harga karet di bursa komoditas Tocom – Jepang pada perdagangan hari Rabu (15/7/2020) menguat kembali setelah perdagangan sebelumnya alami pelemahan moderat. Pergerakan positif karet berjangka di Tocom juga diikuti oleh pergerakan harga di bursa Sicom dan juga SHFE.   

Bangkitnya harga karet di Tocom mendapat dorongan sentimen dari laporan proyeksi ekonomi Jepang BOJ (Bank of Japan) yang diperkirakan membaik di semester kedua tahun ini. Selain itu juga sempat terangkat oleh pergerakan lemah yen Jepang terhadap dolar AS.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Desember 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat 0,2 yen atau 0,13%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 156.5 yen. Sempat bergerak kuat  ke posisi 157,3  dan turun ke posisi rendah di 155,5.

Posistifnya pergerakan harga karet di bursa berjangka internasional hari ini juga mendapat support dari posisi penguatan harga minyak mentah dunia yang signifikan. Harga minyak mentah jenis Brent ditutup dalam zona positif sebelumnya dan memulai sesi hari ini hingga akhir sesi Asia terus menanjak tinggi.

Pada perdagangan karet di bursa Singapura – Sicom, harga terakhir untuk kontrak berjangka bulan Agustus menguat US$0,1  atau 0,09% ke posisi 117.0. Untuk perdagangan  karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan September berada di posisi 10640 yuan, yang menguat 55 yuan atau 0,5% dari posisi sebelumnya. 

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here