Harga Kopi Turun, Akibat Permintaan Berkurang

189

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi pada penutupan pasar hari Selasa turun karena permintaan berkurang, karena berlakunya lockdown kembali untuk beberapa negara akibat gelombang kedua covid-19.

Harga kopi Arabika September pada penutupan hari Selasa turun 70 sen (0.71% ) menjadi $97.95 dan harga kopi Robusta di ICE London turun 0.74%.

Terjadinya gelombang kedua dari pandemic covid-19 membuat peraturan diperketat, dan beberapa negara memberlakukan lockdown kembali, sehingga mengurangi permintaan dari restoran, café & kantor-kantor. Di California diberlakukan penutupan restoran dan bar untuk makan di tempat. Uni Eropa masih menutup pelabuhannya untuk barang-barang dari AS dan dari negara asing lainnya selama dua minggu ke depan. Hongkong memberlakukan pertemuan paling banyak hanya 4 orang saja.

Turunnya harga kopi terhenti setelah pada hari Selasa Cecafe melaporkan bahwa ekspor kopi hijau dari Brazil pada bulan Juni  turun 9.8% dari tahun lalu menjadi 2.47 juta kantong.  Selama 12 bulan yang berakhir pada bulan Juni.  ekspor kopi hijau Brazil turun 4% dari tahun lalu menjadi 35.9 juta kantong.

Persediaan kopi Arabika menurut pengamatan ICE pada hari Senin turun ke terendah 2 ¾ tahun menjadi 1.621 juta kantong.

Harga kopi turun karena cuaca di Brazil kering dengan curah hujan di bawah normal sehingga mempercepat panen di Brazil. Somar Meteorologia pada hari Senin melaporkan bahwa tidak turun hujan di Mina Gerais pada minggu terakhir.

Harga kopi Robusta pada hari Senin sempat mencapai harga tertinggi 1 bulan karena ekspor Vietnam berkurang. Data dari the General Department of Vietnam Custom mengatakan bahwa ekspor kopi Robusta Vietnam turun 11.5% dari tahun lalu menjadi 127.700 MT pada bulan Juni, Sedangkan untuk ekspor kopi Robusta Vietnam pada Januari – Juni 2020 naik 2.2% dari tahun lalu menjadi 941.057 MT. Menurut FAS pada 10 Juni produksi kopi Vietnam 2020/21 turun 3.5% dari tahun lalu menjadi 30.2 juta kantong.

Persediaan kopi Robusta menurut pengamatan ICE turun ke terendah 1 ½ tahun pada hari Selasa.

Analisa tehnikal untuk kopi Arabika dengan support pertama $97 dan berikutnya ke $92, sedangkan resistant pertama di $103 dan berikut ke $106.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here