Nikkei 15 Juli Tertinggi 5 Pekan Disupport Lonjakan Saham Nissan dan Fanuc

331
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham Jepang kembali mencetak posisi tertinggi dalam 1 bulan lebih  pada perdagangan hari Rabu (15/07/2020), yang melampaui posisi tinggi awal pekan. Indeks Nikkei ditutup rebound kuat karena hasil yang menggembirakan dari studi vaksin coronavirus dan optimisme tentang pertumbuhan ekonomi yang cepat mendukung ekspektasi bahwa pendapatan perusahaan akan meningkat pada paruh kedua tahun ini.

Permintaan aset resiko meningkat sepanjang sesi Asia setelah potensi vaksin Covid-19 Moderna melaporkan hasil yang menggembirakan dalam uji coba tahap awal kepada manusia. Sementara itu, Laporan Outlook Ekonomi Bank Jepang mencatat bahwa ekonomi Jepang kemungkinan akan membaik secara bertahap dari paruh kedua tahun ini dengan aktivitas ekonomi yang berlanjut pada kecepatan moderat meskipun pandemik terus berlanjut.

Indeks Nikkei ditutup menguat 358,49 poin atau 1,59%, merupakan posisi  tertinggi sejak 10 Juni. Demikian juga  indeks Topix menguat 24,36 poin atau 1,56 persen pada 1.589,51.  Namun untuk indeks Nikkei berjangka bulan September 2020 kini sedang bergerak negatif  dengan turun 110 poin atau 0,48% ke posisi 22.480.

Kinerja bursa saham Jepang yang kuat secara sektoral paling banyak disumbang oleh lonjakan saham-saham eksportir utama yang memiliki kapita besar seperti saham Nissan melonjak 6,7%, saham Fanuc menguat 4%, saham Suzuki Motor menguat 3,75% dan saham Sony menguat 2,4%.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here