Bursa Amerika Tambah Kekuatan, Dow Jones dan S&P500 Tertinggi 5 Pekan

334

(Vibiznews-Index) – Pergerakan tiga indeks saham utama di bursa Amerika Serikat yang fluktuatif berakhir positif pada penutupan sesi beberapa saat lalu Kamis (16/7/2020), sehingga menambah kekuatan pada Dow Jones dan S&P500 mencapai posisi tertinggi lebih dari sebulan.

Indeks Dow Jones naik 227,51 poin atau 0,9 persen menjadi 26.870,10, indeks Nasdaq naik 61,92 poin atau 0,6 persen menjadi 10.550,49 dan indeks S&P 500 naik 29,04 poin atau 0,9 persen menjadi 3.226,56.

Kekuatan positif saham yang berkelanjutan di Wall Street terjadi merespon berita optimis tentang uji klinis vaksin coronavirus beberapa perusahaan yang meredam  lonjakan pertambahan kasus baru  terinfeksi covid-19 satu hari di Amerika Serikat. Perusahaan Biotech Moderna mengatakan eksperimental vaksin untuk Covid-19 aman dan menghasilkan respons kekebalan yang kuat pada uji coba terhadap 45 pasien  dalam tahap awal.

Kemudian berita laba optimis dari Goldman Sachs  menambah sentimen positif, dimana perusahaan raksasa keuangan tersebut melaporkan posisi keuangan  yang jauh lebih kuat pada kuartal kedua kemarin. Goldman Sachs melaporkan laba $ 6,26 per saham dari pendapatan $ 13,3 miliar dan sebelumnya diperkirakan  untuk pendapatan $ 3,78 per saham atas pendapatan $ 9,8 miliar.

Dari sisi laporan data ekonomi, investor merespon positif  laporan dari Federal Reserve yang menunjukkan produksi industri AS meningkat lebih dari yang diperkirakan pada bulan Juni. Produksi industri melonjak 5,4 persen pada Juni setelah melonjak 1,4 persen pada Mei.

Melihat pergerakan saham secara sektoral, saham maskapai penerbangan bergerak naik tajam di tengah optimisme tentang vaksin coronavirus, mendorong Indeks Maskapai Penerbangan NYSE naik 8,7 persen. Kekuatan substansial juga terlihat di antara saham layanan minyak dengan Philadelphia Oil Service Index alami lonjakan 4,7 persen .

Saham-saham finansial juga mencetak kekuatan yang cukup besar menyusul berita laba optimis dari Goldman Sachs, dengan KBW Bank Index dan NYSE Arca Broker/Dealer Index masing-masing naik 3,2 persen dan 3 persen.  Demikian juga saham perumahan, gas alam, dan transportasi menunjukkan pergerakan kuat yang signifikan.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here