Bursa Eropa Mixed Mencermati Pertemuan Pemimpin Uni Eropa untuk Stimulus Ekonomi

633

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak mixed pada Jumat (17/07) saat para pemimpin Uni Eropa bersiap membahas kesepakatan tentang paket pemulihan akibat virus di blok Eropa tersebut.

Setelah optimis pada pembukaan, indeks Stoxx 600 Eropa bergerak di atas garis datar pada siang hari. Sektor otomotif melonjak 2,3% sementara sektor perbankan turun 1,3%.

Indeks FTSE naik 0,46%. Indeks DAX meningkat 0,31%. Indeks CAC turun 0,21%.

Para pemimpin Uni Eropa akan bertemu di Brussels pada hari Jumat untuk mencari kesepakatan tentang 750 miliar euro yang diusulkan ($ 853,8 miliar), yang dapat menghadapi oposisi dari negara-negara anggota “empat hemat” yaitu Austria, Denmark, Swedia dan Belanda. RUU tersebut juga dapat dikenakan veto dari Hongaria, yang telah menentang mengaitkan distribusi dana dengan penegakan nilai-nilai demokrasi UE.

Fokus pasar juga tetap selaras dengan peningkatan kasus virus corona di AS, dengan penghitungan Reuters menempatkan kasus baru pada hari Kamis di 77.000, sejauh ini merupakan catatan harian baru.

Ketegangan AS-China juga membebani sentimen setelah Reuters melaporkan Kamis, mengutip sebuah sumber, bahwa pemerintahan Presiden AS Donald Trump sedang mempertimbangkan larangan perjalanan di Amerika Serikat terhadap semua anggota Partai Komunis Tiongkok (PKT) yang berkuasa dan keluarga mereka.

Lembaga Keuangan Internasional mengatakan dalam sebuah laporan Kamis bahwa utang global melonjak ke rekor $ 258 triliun pada kuartal pertama 2020, sebesar 331% dari PDB global (produk domestik bruto), dan terus meningkat.

Di Eropa, British Airways telah mempensiunkan seluruh armada pesawat Boeing 747 di belakang penurunan permintaan perjalanan global yang disebabkan oleh tindakan penutupan seluruh dunia selama pandemi.

Musim laba terus meningkat, dengan Daimler mengungkapkan menjelang laporan pendapatan 23 Juli bahwa pihaknya akan membukukan kerugian operasi yang lebih kecil dari perkiraan 1,68 miliar euro untuk kuartal kedua. Pembuat mobil Jerman juga mengumumkan Kamis bahwa mereka akan menghentikan produksi sedan Mercedes-Benz di AS dan Meksiko dalam upaya untuk memotong biaya. Saham Daimler naik 4,2% di awal perdagangan, memimpin reli luas untuk sektor otomotif.

Rio Tinto pada hari Jumat melaporkan kenaikan 1,5% dalam pengiriman bijih besi, mengutip meningkatnya permintaan dari China karena ekonomi terbesar kedua di dunia itu muncul dari pandemi coronavirus. Saham logam dan pertambangan raksasa Inggris naik 0,7% lebih tinggi.

Danske Bank mengalahkan ekspektasi untuk laba bersih kuartal kedua tetapi memperingatkan pengurangan pekerjaan lebih lanjut sebagai bagian dari strategi pengurangan biaya empat tahun, karena pemberi pinjaman Denmark ini berusaha untuk pulih dari skandal pencucian uang Estonia 2017. Saham bank naik 1,5% pada awal perdagangan.

Ericsson juga mengalahkan estimasi laba di belakang margin yang lebih kuat pada penjualan peralatan telekomunikasi, membuat perusahaan Swedia ini menegaskan kembali pedoman keuangan 2020 dan 2022 dan mengirimkan saham 9,1%. Satu-satunya keuntungan yang lebih besar di Stoxx 600 dibuat oleh Swedish Match, yang naik 10% setelah melaporkan kenaikan laba kuartal kedua yang lebih baik dari perkiraan.

Di ujung lain dari indeks blue-chip Eropa, produsen bahan kimia Swedia Hexpol turun 6,7% setelah laba kuartal kedua yang mengecewakan, dan perusahaan real estate senegaranya Samhällsbyggnadsbolaget turun 6%.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak mixed dengan sentimen harapan kesepakatan pemimpin Uni Eropa memberikan stimulus untuk pemulihan ekonomi Eropa, namun dibayangi kekahwatiran peningkatan kasus coronavirus di AS dan negara lainnya. Namun jika harapan stimulus pemimpin Uni Eropa terealisir, dapat mengangkat bursa Eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here