Bursa Saham Korsel Akhir Pekan Menguat, Bullish Mingguan Naik 2,37%

391
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Indeks) – Terjadi kenaikan harga saham pada perdagangan akhir pekan bursa  Korsel hari Jumat (17/7/2020) setelah perdagangan sebelumnya ditutup bearish. Secara mingguan indeks Kospi juga berhasil mencetak bullish kuat setelah pekan sebelumnya alami pelemahan. 

Investor tetap optimis dengan harapan langkah-langkah stimulus lebih lanjut di negara-negara besar, menyusul laporan bahwa Senat AS kemungkinan akan meluncurkan paket bantuan virus senilai sekitar US$ 1 triliun minggu depan. Sementara itu, Bank Korea menyetujui pinjaman 8 triliun won ($ 6,64 miliar) untuk kendaraan tujuan khusus (SPV), yang akan didirikan oleh Bank Pembangunan Korea.

Kemudian dari sisi data ekonomi,  Kementerian Keuangan Korea Selatan mencatat bahwa konsumsi domestik menunjukkan tanda-tanda peningkatan dan kehilangan pekerjaan telah menyempit, tetapi penurunan ekspor dan hasil industri terus berlanjut karena COVID-19 memperlemah permintaan global.

Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) ditutup menguat 17,43 poin atau 0,8% lebih tinggi ke posisi 2201,19, setelah jatuh 0,66% di sesi sebelumnya. Demikian untuk indeks Kospi200 berjangka menguat 2,32 poin atau 0,80% ke posisi 291.57,  setelah sempat  turun ke posisi rendah di 289.90 dan naik ke posisi tertinggi  292.10.

Untuk pergerakan indeks secara mingguan, sepanjang pekan ini berhasil cetak bullish dengan penguatan 2,37%. Alami kenaikan dari perdagangan pekan lalu yang bearish moderat dengan penurunan 0,10%.

Melihat penguatan indeks secara sektoral, Kospi paling banyak disupport  oleh lompatan saham-saham otomotif seperti seperti saham Hyundai dan saham Kia yang melonjak masing-masing 6,82% dan 4,85%, demiian juga saham nternet seperti saham Naver yang naik  1,19%. Untuk saham kapital besar lainnya, saham Samsung Electronics bertambah 1,12 persen , saham SK hynix naik 0,24 persen dan saham Celltrion melonjak 4,13 persen.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here