Bursa Eropa Mixed Mencermati Pertemuan Pemimpin Uni Eropa

238

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak mixed pada Senin (20/07) merespon upaya pemimpin Uni Eropa (UE) mengeluarkan kesepakatan atas dana pemulihan miliaran euro.

Indeks Stoxx 600 Eropa memulihkan kerugian sebelumnya menjadi 0,3% di atas garis datar pada perdagangan sore. Saham telekomunikasi menambahkan 1% untuk memimpin kenaikan sementara sektor perjalanan dan liburan turun 1,5% lebih rendah.

Indeks FTSE 100 Inggris bergerak di zona merah, dengan ketegangan antara Inggris dan China membebani sentimen. Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab diperkirakan akan mengumumkan penangguhan perjanjian ekstradisi Hong Kong di negara itu pada hari Senin, sebagai tanggapan terhadap undang-undang keamanan baru Beijing di bekas jajahan Inggris tersebut.

Indeks FTSE terpantau merosot 0,59%. Indeks DAX naik 0,34%. Indeks CAC melemah 0,17%.

Pasar Eropa mencerna berita terbaru dari kawasan akhir pekan ini dengan para pemimpin Uni Eropa sejauh ini gagal menyetujui ukuran dan komposisi dana pemulihan yang diusulkan 750 miliar euro ($ 857 miliar). Pembicaraan yang dimulai di Brussels pada hari Jumat mengenai dana dan anggaran UE jangka panjang berikutnya, berlanjut hingga hari Senin. Baik Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Senin menyuarakan harapan hati-hati bahwa kompromi dapat dicapai meskipun negosiasi sulit.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel dilaporkan mengingatkan para pemimpin UE yang hadir di KTT itu bahwa sekarang lebih dari 600.000 orang telah meninggal karena virus corona di seluruh dunia.

Pandemi tetap menjadi fokus pasar karena kasus virus corona naik pada tingkat yang mengkhawatirkan di beberapa bagian dunia. Data yang dikumpulkan oleh Universitas Johns Hopkins menunjukkan lebih dari 70.000 kasus dikonfirmasi di A.S. pada hari Sabtu, menandai dua hari berturut-turut dari setidaknya 70.000 infeksi baru dikonfirmasi.

Beberapa berita memberikan harapan bagi Inggris pada Senin ketika perusahaan farmasi Inggris Synairgen mengklaim bahwa perawatan coronavirus pernafasannya yang baru telah mengurangi jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit yang memerlukan perawatan intensif dalam uji klinis.

Dalam hal aksi harga saham individu, Ubi Banca rally 13,2% pada sore hari setelah Intesa Sanpaolo meningkatkan tawaran pengambilalihan untuk pemberi pinjaman Italia yang lebih kecil.

Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, saham Natixis turun lebih dari 7% setelah pemilik BPCE mengatakan tidak berniat untuk mengajukan penawaran tender untuk lebih banyak saham bank perusahaan Prancis tersebut.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak mixed dengan harapan kesepakatan pemimpin Uni Eropa memberikan stimulus untuk pemulihan ekonomi Eropa, yang masih dibayangi kekahwatiran peningkatan kasus coronavirus di AS dan negara lainnya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here