Bullish Hang Seng 21 Juli Terbesar 2 Pekan, Saham Teknologi Jadi Top Gainers

355
indeks hang seng

(Vibiznews – Indeks) – Perdagangan saham bursa Hong Kong  bullish kuat pada perdagangan  hari Selasa (21/7/2020), dengan indeks Hang Seng melompat dari zona negatif sesi sebelumnya yang sempat turun ke posisi terendah 3 pekan. Sejak awal sesi indeks Hang Seng sudah rally merespon sentimen positif bursa saham global. 

Rally Hang Seng semakin kencang ketika salah satu anak usaha Alibaba Group berencana akan listing di bursa Hong Kong dan juga Shanghai, nama perusahaannya Ant Group. Berita ini membuat saham operator Hang Seng yaitu Hong Kong Stock Exchange melonjak 9,8%, terbesar dalam 5 tahun.  Ant Group merupakan operator  platform pembayaran online Alipay yang merupakan perusahaan e-commerce terbesar di dunia.

Indeks Hang Seng ditutup menguat 577,67 poin atau 2,3 persen lebih tinggi ke posisi  25.635,66, kenaikan terbesar sejak 6 Juli. Demikian untuk indeks saham  Cina  Enterprise (HSCE)  dengan 60 saham unggulan menguat  150,10 poin atau  1,46% lebih tinggi ke posisi 10.445,42.

Melihat pergerakan secara sektoral, mayoritas sektor menguat di zona hijau. Sektor yang paling kuat menopang Hang Seng yaitu sektor teknologi atau IT yang alami lonjakan 7,8%. Saham tersebut seperti saham Alibaba, saham Tencent Holdings yang melonjak masing-masing 7,9% dan 7,3%.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here