Bursa Eropa Merespon Positif Kesepakatan Stimulus Fiskal Uni Eropa

439

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa menguat pada Selasa (21/07) setelah para pemimpin Uni Eropa mencapai kesepakatan stimulus fiskal untuk dana pemulihan 750 miliar euro ($ 857 miliar) untuk membantu kawasan pulih dari krisis coronavirus.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 1,1% di awal perdagangan, dengan bank menambahkan 3,4% untuk memimpin kenaikan karena semua sektor dan bursa utama diperdagangkan di wilayah positif.

Indeks FTSE naik 0,61%. Indeks DAX melonjak 1,82%. Indeks CAC menguat 1,31%.

Kepala negara Uni Eropa telah terkunci dalam pembicaraan sejak Jumat pagi untuk membahas dana pemulihan yang diusulkan dan anggaran UE berikutnya, tetapi telah terjadi perpecahan yang mendalam mengenai ukuran dan komposisi dana tersebut. Namun Selasa pagi dini hari, para pemimpin mencapai terobosan kesepakatan.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengatakan dia yakin kesepakatan ini akan dilihat sebagai momen penting bagi Eropa.

Berita positif dalam penemuan vaksin coronavirus juga kemungkinan akan menambah sentimen pasar di Eropa lagi pada Selasa. Pasar Asia Pasifik sebagian besar naik pada hari Selasa setelah sentimen investor didukung oleh berita positif tentang front vaksin coronavirus.

Pfizer dan BioNTech melaporkan data positif awal pada vaksin coronavirus bersama Senin dan kandidat lain dari Universitas Oxford dan AstraZeneca juga menunjukkan respons kekebalan positif dalam percobaan awal.

Penghasilan perusahaan besar datang Selasa pagi, dengan UBS mengumumkan laba bersih $ 1,23 miliar untuk kuartal kedua tahun 2020, turun 11% dari periode yang sama tahun lalu ($ 1,4 miliar). Analis yang disurvei oleh pemberi pinjaman Swiss memperkirakan laba bersih $ 973.000.000.

Pembuat obat Swiss Novartis memangkas prospek penjualan 2020 setelah melaporkan penurunan laba dan penjualan kuartal kedua, dengan laba bersih turun 4% menjadi $ 1,9 miliar dari $ 2,1 miliar selama periode yang sama pada 2019.

Pembuat mobil Swedia Volvo berayun ke kerugian operasi di babak pertama tetapi mengatakan mereka memperkirakan bisnis untuk pulih karena negara-negara keluar dari langkah-langkah penguncian.

Dalam hal aksi harga saham individu, penyedia telekomunikasi Prancis Altice Europe, perekrut Belanda Randstad dan Banco de Sabadell Spanyol semua memperoleh lebih dari 6% pada awal perdagangan.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, Evolution Gaming turun 7,8% setelah menandatangani kemitraan strategis dengan Intralot.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak positif pasca para kepala negara Uni Eropa menyetujui stimulus fiskal baru untuk dana pemulihan bagi Eropa mangatasi krisis akibat pandemi coronavirus.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here