Harga Karet Tocom 22 Juli Semakin Mahal, Tertinggi 1,5 Bulan

1456

(Vibiznews – Commodity) – Lompatan harga karet di bursa komoditas Tokyo atau Tocom masih berlanjut  pada  perdagangan   hari Rabu (22/7/2020), yang juga diikuti pergerakan harga bursa komoditas internasional lainnya seperti di SHFE. Harga karet di Sicom alami profit taking dari posisi tertinggi sepekan sebelumnya.

Rally harga karet di bursa Tocom membuat posisi harga mendaki ke posisi tertinggi dalam 1-1/2 bulan dalam kontrak yang berkelanjutan di bursa berjangka. Tingginya harga karet Tocom mendapat support dari posisi  pelemahan yen Jepang terhadap dolar AS dan juga pergerakan kuat harga minyak mentah di bursa komoditas internasional.  

Secara fundamental kekuatan harga karet mendapat sentimen positif dari perkiraan ANRPC – Asosiasi Produsen Karet Dunia yang menyebutkan terjadi peningkatan demand global pada kuartal ketiga yang didukung meningkatnya produksi mobil di China sebagai konsumen karet terbesar dunia.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Desember 2020 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat 0,6 yen atau 0,38%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 159.6 yen. Sempat bergerak kuat  ke posisi 160,2  dan turun ke posisi rendah di 158,4.

Pada perdagangan karet di bursa Singapura – Sicom, harga terakhir untuk kontrak berjangka bulan September melemah US$0,7  atau 0,58% ke posisi 119.6. Untuk perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan September berada di posisi 10660 yuan, yang menguat 60 yuan atau 0,56% dari posisi sebelumnya. 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here