Pemerintah AS Dukung Pfizer untuk Pengembangan Vaksin Coronavirus

511
wikipedia

(Vibiznews – Economy & Business) Amerika Serikat akan membayar $ 1,95 miliar untuk Pfizer untuk memproduksi dan memberikan 100 juta dosis kandidat vaksin Covid-19 di AS jika terbukti aman dan efektif pada manusia, demikian pengumuman pemerintah AS pada Rabu (22/07).

Berdasarkan perjanjian tersebut, AS dapat memperoleh tambahan 500 juta dosis, tambah Department of Health and Human Services (HHS) AS. Perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech dan Pfizer yang berbasis di AS bersama-sama mengembangkan kandidat vaksin.

Jika vaksin potensial terbukti aman dan efektif dalam uji coba fase tiga besar dan menerima otorisasi darurat atau lisensi, HHS mengatakan Pfizer akan mulai memberikan dosis ke lokasi di seluruh AS berdasarkan arahan pemerintah. Vaksin kemudian akan tersedia untuk orang Amerika tanpa biaya, demikian pernyataan HHS.

Saham Pfizer naik lebih dari 4% dalam perdagangan premarket merespon berita dan saham BioNTech naik lebih dari 6%.

“Melalui Operation Warp Speed, kami sedang menyusun portofolio vaksin untuk meningkatkan peluang bahwa orang Amerika akan memiliki setidaknya satu vaksin yang aman dan efektif segera setelah akhir tahun ini,” demikian pernyataan Sekretaris HHS Alex Azar dalam sebuah pernyataan yang dilansir CNBC. “Bergantung pada keberhasilan dalam uji klinis, perjanjian hari ini akan memungkinkan pengiriman sekitar 100 juta dosis vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech.”

foto: wikipedia

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here