Rekomendasi Harga Minyak 22 Juli 2020: Naik ke Ketinggian 4 Bulan Karena Sentimen Positip

387

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) berhasil menembus ke atas batas konsolidasi $42.

Minyak referensi Amerika Serikat ini sedang bergerak ke ketinggian selama beberapa minggu dilatar belakangi oleh berita-berita yang positip yang mendorong lebih jauh sentimen pasar yang bagus dengan minat terhadap resiko.

Berita-berita bagus mengenai potensi vaksin Covid-19 ditambah dengan pembukaan kembali ekonomi di Cina dan negara-negara Barat telah menaikkan harapan akan kenaikan permintaan untuk minyak yang menyebabkan pergerakan naik harga minyak sekarang.

Universitas Oxford dan Astra Zeneca mengumumkan separuh dari fase percobaan vaksin Covid-19 mereka terbukti aman dan efektif, memberikan harapan untuk dilakukannya imunisasi terhadap orang Inggris dan lainnya dalam satu tahun.

Lancet, yang mempublikasikan hasilnya, memuji pencapaian Inggris. Potensi terhadap lebih cepatnya penyebaran vaksin terhadap orang Inggris merupakan faktor pendorong naik Poundsterling. Salah satu surat kabar Inggris menaruh kata-kata “Vaksin pada saat Natal” di halaman depannya.

Usaha lainnya terutama dari BioNTech/Pfizer, Moderna dan CanSinoBIO juga membuat kemajuan dan mengangkat naik sentimen pasar yang lebih luas, mendorong turun dolar AS yang safe-haven.

Keputusan OPEC+ untuk melonggarkan pemangkasan produksi di bulan Agustus juga menambah bagusnya sentimen pasar yang sehubungan dengan komoditi. Ditambah lagi dengan stimulus ekstra yang baru disetujui di Eropa. Setelah 5 bulan krisis dan hampir 5 hari pembicaraan yang melelahkan, para pemimpin di benua Eropa dapat menemukan kompromi. Blok Eropa ini akan memberikan sebagian €750 miliar dana.

Kenaikan selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $42.69 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $43.46 dan kemudian $44.64. Sedangkan penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $40.16 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $39.56 dan kemudian $38.52.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here