Harga Batubara ICE Eropa Anjlok ke Penutupan Terendah 3 Pekan

445

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan komoditas batubara internasional masih lemah hingga akhir sesi Eropa Kamis dinihari WIB (23/7/2020) meskipun posisi harga  gas alam bergerak rally di pasar komoditas energy.  Harga batubara NewCastle  di bursa ICE Eropa juga ditutup pada posisi terendah sejak perdagangan awal Juli.

Permintaan batubara global yang masih sangat rendah oleh konsumen terbesar dunia seperti China dan India memberikan tekanan yang berkelanjutan pada harga batubara. Dari sisi produksi diberitakan, produsen Australia dan Indonesia kembali lanjut memproduksi batubara setelah sempat ada pembatasan.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Agustus 2020 di ICE Eropa ditutup pada posisi US$53,50. Harga alami penurunan  US$0,50 atau 0,93% dari penutupan sesi sebelumnya. Awal sesi harga dibuka pada posisi yang sama di US$53.70.

Tekanan pada harga batubara sedikit disumbang oleh retreat harga minyak mentah acuan internasional jenis Brent yang turun 0,17%. Namun harga gas alam yang juga sering mempengaruhi pergerakan harga batubara lanjut rally dengan kenaikan 1,44%.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here