Optimisme Konsumen Jerman Diproyeksikan Meningkat Bulan Agustus

463

(Vibiznews – Economy & Business) Sentimen konsumen Jerman diperkirakan akan meningkat kuat pada Agustus, melanjutkan pemulihannya akibat pandemi coronavirus untuk bulan ketiga berturut-turut, demikian kelompok riset pasar GfK mengatakan pada hari Kamis (23/07).

Indeks sentimen konsumen berwawasan ke depan GfK akan meningkat menjadi minus 0,3 pada Agustus dari revisi naik minus 9,4 poin pada Juli. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones Newswires memperkirakan skor minus 4,8 poin untuk Agustus.

Tren berbentuk V muncul untuk iklim konsumen di Jerman: penurunan tajam dalam sentimen konsumen segera diikuti oleh pemulihan yang cepat, kata GfK. Indeks sentimen konsumen telah memperoleh hampir 23 poin sejak titik terendahnya minus 23,1 poin di bulan Mei.

Rolf Buerkl, pakar konsumen di GfK menyatakan bahwa pengurangan pajak pertambahan nilai telah berkontribusi pada kemajuan yang sangat positif. Buerkl menjelaskan bahwa konsumen ingin melakukan pembelian besar lebih awal dari yang direncanakan, yang akan membantu meningkatkan pengeluaran tahun ini.

Namun Buerkl memperingatkan bahwa kecenderungan mengkonsumsi dapat menurun lagi pada Januari 2021 ketika tarif PPN asli akan berlaku lagi, seperti yang terjadi menjelang kenaikan PPN terakhir pada tahun 2007.

GfK menggunakan data dari tiga subindeks dari bulan berjalan untuk mendapatkan angka sentimen untuk bulan mendatang, mengukur ekspektasi ekonomi, ekspektasi pendapatan, dan kecenderungan untuk membeli. Pada bulan Juli, ekspektasi ekonomi sekali lagi naik sedikit, sementara ekspektasi pendapatan dan kecenderungan untuk membeli telah melihat peningkatan yang signifikan untuk ketiga kalinya berturut-turut.

Ekspektasi ekonomi naik menjadi 10,6 pada Juli dari 8,5 pada Juni, menunjukkan kenaikan moderat.

Ekspektasi pendapatan naik menjadi 18,6 pada Juli dari 6,6 pada Juni, karena janji pembayaran bonus anak dan penurunan nyata dalam ekspektasi harga menopang indikator, kata GfK.

Ukuran kecenderungan untuk membeli mendapat manfaat terutama dari pemotongan PPN, naik menjadi 42,5 pada Juli dari 19,4 poin pada Juni.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here