Google Bangun Kabel Fiber Optic Bawah Laut dari AS ke Inggris dan Spanyol

611

(Vibiznews – Technology) Google pada hari Selasa (28/07) mengumumkan akan membangun kabel serat optik bawah laut baru antara AS, Inggris dan Spanyol sebagai bagian dari upaya meningkatkan layanannya.

Kabel yang dinamakan Grace Hopper ini akan memberikan ketahanan yang lebih baik untuk jaringan yang menopang produk konsumen dan perusahaan Google.

Bikash Koley, wakil presiden Google Global Network, dalam sebuah posting blog menyatakan, setelah menjalankan misi ini, maka kabel Grace Hopper akan menjadi salah satu kabel baru pertama yang menghubungkan AS dan Inggris sejak 2003, meningkatkan kapasitas pada persimpangan global yang sibuk dan memberi daya pada layanan Google seperti Meet, Gmail dan Google Cloud.

Ini merupakan investasi pertama Google dalam jalur kabel bawah laut ke Inggris, dan jalur pertama ke Spanyol. Untuk Spanyol akan lebih mengintegrasikan kawasan Google Cloud yang akan datang di Madrid ke dalam infrastruktur global Google.

Google menyatakan bahwa kabel tersebut akan menggabungkan “novel optical fiber switching” yang akan memungkinkannya untuk memindahkan lalu lintas di sekitar area internet yang tak berfungsi, yang lebih kompeten daripada sebelumnya. Ini juga akan memiliki 16 pasangan serat (32 serat), yang merupakan peningkatan signifikan untuk infrastruktur internet yang menghubungkan AS dengan Eropa.

Kabel akan membentang di sepanjang dasar laut dari New York ke kota resor tepi laut Cornish di Bude di Inggris dan Bilbao di Spanyol. Ini akan berjalan sejauh 6.250 km dari AS ke Inggris dan 6.300 km dari AS ke Spanyol.

Google menandatangani kontrak awal tahun ini dengan penyedia kabel bawah laut SubCom, yang berkantor pusat di New Jersey, dan proyek ini diperkirakan selesai pada tahun 2022.

Kabel bawah laut mengangkut 98% lalu lintas internet internasional di seluruh dunia. Kabel ini memungkinkan untuk berbagi, mencari, mengirim dan menerima informasi di seluruh dunia dengan kecepatan cahaya.

Image : google

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here