Kekuatan Bursa Wall Street Awal Pekan Diperkuat Saham Teknologi

224

(Vibiznews-Index) – Mengawali perdagangan saham pekan ini, bursa Amerika di Wall Street berhasil menguat dengan ketiga indeks utamanya ditutup pada zona hijau. Aksi bargain hunting saham-saham teknologi menyumbang keuntungan bagi bursa dan mengangkat kembali indeks Nasdaq.

Indeks Nasdaq naik 173,09 poin atau 1,7 persen menjadi 10.536,27, indeks Dow Jones naik 114,88 poin atau 0,4 persen menjadi 26.584,77 dan indeks S&P 500 naik 23,78 poin atau 0,7 persen menjadi 3.239,41.

Kekuatan saham di Wall Street sebagian mencerminkan optimisme tentang stimulus fiskal tambahan setelah Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan Partai Republik telah menyelesaikan legislasi paket menyelamatkan ekonomi yang terdampak pandemi coronavirus. Pemerintah bermaksud untuk memperkenalkan tagihan $ 1 triliun pada hari Senin setelah menunda peluncuran yang direncanakan minggu lalu.

Dalam berita ekonomi, Departemen Perdagangan merilis laporan yang menunjukkan pesanan barang tahan lama terus bergerak naik tajam di bulan Juni. Pesanan barang tahan lama naik 7,3 persen pada Juni setelah meroket oleh 15,1 persen direvisi turun pada Mei.

Melihat pergerakan saham secara sektoral, saham emas emas menunjukkan pergerakan kuat karena harga logam mulia melonjak ke rekor tertinggi baru hingga membuat NYSE Arca Gold Bugs Index melonjak 4,7 persen ke level penutupan terbaik dalam lebih dari tujuh tahun.

Kekuatan signifikan juga terlihat di antara saham semikonduktor, sebagaimana tercermin oleh lonjakan 3,2 persen oleh Philadelphia Semiconductor Index. Sahan Taiwan Semiconductor  memimpin sektor ini lebih tinggi setelah sebuah laporan dari China Times mengatakan Intel  telah memesan dengan pembuat chip untuk chip 6-nanometer.

Saham perumahan juga bergerak naik tajam selama sesi perdagangan, mendorong Indeks Sektor Perumahan Philadelphia naik 3,2 persen ke penutupan tertinggi lima bulan. Namun terjadi pergerakan sebaliknya pada saham gas alam dan perbankan.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here