Bursa Eropa Mixed Terpengaruh Peningkatan Coronavirus

267

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak mixed pada hari Rabu (29/07) terpengaruh kenaikan kasus virus corona baru di beberapa negara, sementara paket stimulus baru AS menemui jalan buntu di Washington.

Indeks Stoxx 600 Eropa melayang tepat di bawah garis datar di awal perdagangan, dengan sektor ritel bertambah 1,2% sementara sektor minyak dan gas turun 0,8%.

Pemimpin Mayoritas Senat AS, Mitch McConnell, meluncurkan RUU bantuan coronavirus Senat dari Partai Republik yang diusulkan senilai $ 1 triliun pada hari Senin, tetapi Demokrat mengkritik keterbatasan paket tersebut dibandingkan dengan proposal senilai $ 3 triliun yang lolos dari Dewan Perwakilan Rakyat pada bulan Mei.

Selasa adalah hari kedua berturut-turut bahwa AS melaporkan lebih dari 1.000 kematian, sementara China melaporkan 101 kasus baru Covid-19 pada hari Rabu, peningkatan harian paling tajam selama lebih dari tiga setengah bulan.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam telah memperingatkan bahwa kota itu menghadapi wabah yang dapat menyebabkan runtuhnya sistem rumah sakitnya, dengan 106 kasus baru dilaporkan Selasa. Di Prancis, kasus yang dikonfirmasi naik menjadi 183.804 dari 183.079 pada Senin.

Pada catatan positif, Pfizer dan Moderna masing-masing telah memulai uji coba fase tiga kandidat vaksin masing-masing, mengincar peluncuran pada akhir tahun.

Investor juga akan memantau hasil pertemuan kebijakan moneter terbaru Federal Reserve AS, dengan Ketua Jerome Powell diperkirakan akan mengulangi sikap dovish bank sentral pada hari Rabu.

Kembali di Eropa, Deutsche Bank pada hari Rabu melaporkan kerugian bersih yang lebih kecil dari perkiraan yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham sebesar 77 juta euro ($ 90,3 juta) untuk kuartal kedua tahun 2020, sementara meningkatkan ketentuan kerugian kreditnya untuk mencerminkan dampak yang diperkirakan dari pandemi virus coronavirus. Pemberi pinjaman terbesar di Jerman meningkatkan panduan pendapatan tahun 2020 dan mengatakan upaya transformasinya berjalan dengan baik, mengirim saham 1,7% lebih tinggi di awal perdagangan.

Barclays membukukan laba bersih sebesar £ 695 juta ($ 765,64 juta) untuk paruh pertama tahun 2020, sambil meningkatkan ketentuan terkait virus corona. Saham pemberi pinjaman Inggris turun 1%.

Di puncak Stoxx 600, perusahaan teknik Prancis Spie menguat 9% setelah mengalahkan pendapatan semester pertama dan ekspektasi laba. Di ujung lain dari indeks blue chip Eropa, Network International jatuh 10,7% setelah penempatan saham £ 205 juta ($ 265,5 juta).

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak mixed merespon sentimen negatif peningkatan kasus coronavirus di berbagai negara, namun mencermati stimulus pemerintah AS yang diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here