Harga Batubara ICE Eropa Terjun ke Terendah 4 Tahun Lebih

280

(Vibiznews – Commodity) – Harga batubara dunia yang diperdagangkan bursa komoditas internasional semakin menurun, akhir sesi Eropa Rabu dinihari WIB (29/7/2020) terjun ke posisi terendah 4 tahun lebih. Harga batubara NewCastle ditutup anjlok cukup signifikan merespon  laporan proyeksi konsumsi batubara dunia oleh lembaga energy internasional (EIA).

EIA memproyeksikan konsumsi batubara dunia pada 2020 akan menjadi 377 juta ton, turun 64% dibandingkan konsumsi tahun 2007 yang melonjak hingga 1,045 miliar ton. Proyeksi ini juga diperkuat oleh laporan Moody’s Investors Services bahwa permintaan batubara akan turun secara signifikan pada tahun 2020-an.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Agustus 2020 di ICE Eropa ditutup anjlok cukuk signifikan ke posisi US$51,70. Harga alami penurunan US$0,65 atau 1,24% dari sesi sebelumnya, dan awal sesi berada di posisi US$51.50.

Trend negatif harga batubara juga disumbang oleh pergerakan harga minyak mentah  yang melemah hingga turun 0,44% pada akhir sesi Amerika untuk minyak mentah jenis Brent. Namun terjadi pergerakan kuat pada  harga gas alam yang bergerak rally hingga melonjak naik  7% lebih.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here