Harga Kopi Arabika Turun dari Harga Tertinggi 2 1/2 Bulan

378

(Vibiznews – Commodity) – Harga kopi turun pada hari Selasa dari harga tertinggi 2 ½ bulan karena meningkatnya suhu di Mina Gerais dari suhu – 40 derajat  Fahrenheit  dan kekhawatiran turunnya permintaan karena pandemic covid-19 gelombang ke dua.

Harga kopi Arabika September di ICE New York ditutup turun 75 sen (0.68%) menjadi  $109.65 dan harga kopi Robusta September di ICE London turun 0.74%.

Harga kopi Arabika turun karena faktor cuaca di Brazil. Harga kopi Arabika turun dari tertinggi 2 ½ bulan pada hari Selasa karena perkiraan suhu meningkat di Mina Gerais.  Di daerah perkebunan kopi di Brazil  diperkirakan suhu akan turun ke – 40 derajat Fahrenheit dari  -30 derajat pada tanggal  1-4 Agustus sehingga pada hari Selasa pagi harga kopi sempat naik ke tertinggi 2 ½ bulan setelah perkiraan cuaca turun ke  30 derajat karena akan menyebabkan kerusakan pada tanaman karena suhu tersebut  membuat tanaman menjadi beku.

Permintaan  kopi menurut Fitch Solutions pada hari Jumat lalu akan meningkat 5.8%  dari tahun lalu di 2020 naik  1% diatas rata-rata 2015 -2019, karena konsumen akan membeli kopi selama pandemic bekerja dari rumah.

Kekhawatiran konsumsi kopi akan berkurang dan menjadi faktor yang negatif  bagi harga kopi karena adanya gelombang ke dua pandemic  Covid -19 yang membuat beberapa negara kembali lockdown membuat restoran dan cafe ditutup.  Florida pada hari Selasa melaporkan 186 meninggal karena virus dan 585 pasien RS yang baru. Beijing bertambah 1 positif  Covid-19 dalam 21 hari, dan Tokyo melaporkan pada hari Selasa bertambah 270 positif Covid,  dua kali lipat dari  131 yang positif hari Senin. Bertambahnya pasien covid meningkat 16.674 juta secara global, dan yang meninggal diatas 657,000.

Harga kopi Robusta naik  karena turunnya persediaan hasil pengamatan dari  ICE bahwa persediaan kopi Robusta turun ke 1 ½ tahun pada hari Selasa.

Faktor penurunan harga kopi karena curah hujan dibawa normal di daerah perkebunan kopi Brazil sehingga mempercepat  progress panen. Somar Meteorologia pada hari Senin mengatakan bahwa tidak turun hujan di Mina Gerais pada minggu terakhir.

Analisa tehnikal untuk kopi dengan support pertama di $105 dan berikut ke $103 sedangkan resistant pertama di $110 dan berikut ke $114.

Loni T / Analyst Vibiz Learning Centre – Vibiz  Consulting Group

Editor : Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here