Bursa Amerika Bullish, Perusahaan Besar Laporkan Keuangan Yang Kuat

440

(Vibiznews-Index) – Bursa saham Amerika menunjukkan kekuatannya pada perdagangan yang berakhir Kamis dinihari WIB (30/7/2020)  dengan semua indeks utamanya bullish dari posisi zona merah perdagangan seesi sebelumnya. Dari semua indeks utamanya, bullish Nasdaq lebih kuat namun belum capai rekor baru lagi.

Indeks Dow Jones naik 160,29 poin atau 0,6 persen menjadi 26.539,57, sementara indeks Nasdaq naik 140,85 poin atau 1,4 persen menjadi 10.542,94 dan indeks S&P 500 melonjak 40,00 poin atau 1,2 persen menjadi 3.258,44.

Sentimen investor sudah positif sejak awal sesi sebagai reaksi terhadap kumpulan berita laporan keuangan perusahaan yang terbaru, dengan sejumlah perusahaan besar melaporkan lebih baik dari hasil kuartalan yang diperkirakan sebelumnya.

Seperti saham pembuat chip terkenal Advanced Micro Devices  bergerak sangat tinggi setelah melaporkan hasil kuartal kedua yang melebihi perkiraan analis dan meningkatkan proyeksi keuntungan setahun penuh.

Ada juga saham C.H. Robinson juga melonjak setelah perusahaan penyedia jasa transportasi tersebut melaporkan hasil kuartal kedua mereka yang mengalahkan ekspektasi analis sebelumnya.

Namun terdapat juga perusahaan besar yang melaporkan kerugian sehingga menekan sahamnya seperti saham Boeing merah  setelah raksasa kedirgantaraan tersebut melaporkan kerugian kuartal kedua yang melebihi dari perkiraan. Juga saham  General Motors  negatif selama sesi setelah perusahaan  pembuat mobil terkenal itu melaporkan kerugian kuartal kedua yang lebih sedikit dari perkiraan.

Kekuatan saham di Wall Street juga merespon rilis laporan dari National Association of Realtors yang menunjukkan peningkatan signifikan lainnya dalam penjualan rumah yang tertunda di bulan Juni. Indeks penjualan rumah yang tertunda naik 16,6 persen menjadi 116,1 pada Juni setelah meroket 44,3 persen menjadi 99,6 pada Mei.

Pergerakan saham terus kuat  setelah Federal Reserve mengumumkan keputusannya mempertahankan suku bunga mendekati level nol di tengah kesulitan ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi coronavirus.

Lihat: Suku Bunga Tidak Berubah, Fed Perkuat Ekonomi AS Hadapi Covid-19

Melihat pergerakan sektor di Wall Street, saham perbankan bergerak naik tajam selama sesi perdagangan, mendorong Indeks Bank KBW naik 3,2 persen ke level penutupan terbaik dalam sebulan. Kekuatan besar juga dialami saham energi, yang bergerak lebih tinggi  dengan  Philadelphia Oil Service Index dan NYSE Arca Oil Index masing-masing naik 2,6 persen dan 2,5 persen, dan NYSE Arca Natural Gas Index melonjak naik 2,3 persen.

Saham perumahan juga menunjukkan pergerakan kuat merespon data pending home sales hingga  menghasilkan lonjakan 2,6 persen oleh Philadelphia Housing Sector Index. Disusul oleh saham jaringan, baja dan semikonduktor juga melihat kekuatan yang cukup besar.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here