Rekomendasi Harga Minyak 30 Juli 2020: Naik Menjelang Pertemuan FOMC the Fed.

249

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berjangka WTI naik ke $41.46, setelah kelemahan dolar AS kembali datang menjelang pertemuan FOMC the Fed dan ekspektasi persediaan minyak mentah AS turun pada minggu lalu. Laporan dari American Petroleum Institute (API) kemarin memberikan kejutan penurunan sebanyak 6.8 juta barel, dibandingkan dengan yang diperkirakan kenaikan sebanyak 357.000 barel. Sementara laporan energy minyak dari EIA diperkirakan akan memberikan angka penurunan sebanyak 171.000 barel.

Minyak juga diuntungkan karena optimisme bahwa pasien yang masuk ke rumah sakit telah mencapai puncaknya di Amerika Serikat meskipun terjadi kenaikan kuat kasus baru pada banyak negara bagian AS. Kematian coronavirus diperkirakan mencapai puncaknya pada pertengahan bulan Agustus dan hal ini bisa menunjukkan pembukaan kembali ekonomi akan berlanjut pada saat musim panas mulai berakhir. Ketakutan akan virus pada musim gugur tetap ada, namun permintaan akan minyak mentah akan melanjutkan perjalanannya menuju pemulihan dengan lebih banyak ekonomi yang dibuka kembali.

OPEC+ merencanakan untuk memasukkan ke pasar sekitar 2 juta barel per hari dimulai pada bulan Agustus.  Partisipan pasar sekarang sedang menunggu keputusan yang paling diantisipasikan dari FOMC the Fed.

The Fed secara luas diperkirakan akan tetap mempertahankan langkah-langkah kebijakannya tidak berubah pada akhir dari dua hari pertemuan pada hari Rabu. Karenanya fokus para trader dan investor akan ada pada hal yang lain yang menyertai pengumuman hasil pertemuan FOMC, dimana bank sentral AS ini bisa memberikan petunjuk mengenai potensi perubahan sikap kebijakan moneter pada pertemuan di bulan September yang akan datang. Signal yang lebih “dovish” akan cukup untuk memberikan tekanan tambahan terhadap dolar AS yang sudah lemah

“Resistance” terdekat menunggu di $41.66 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $42.16 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $43.04. “Support” terdekat menunggu di $40.79 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $39.54 dan kemudian $38.56.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here