Bursa Eropa Dominan Positif Mengabaikan Penurunan Pertumbuhan Ekonomi

387

(Vibiznews – Index) Bursa saham Eropa diperdagangkan sebagian besar lebih tinggi pada Jumat (31/07) mencermati laporan positif pendapatan perusahaan mengabaikan penurunan pertumbuhan ekonomi.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,35% dengan saham teknologi dan perbankan memimpin kenaikan. BNP Paribas melaporkan penurunan laba bersih sekitar 7% untuk kuartal kedua dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Namun, bank Prancis ini mengalami volume perdagangan yang lebih tinggi dan mengalahkan ekspektasi pasar. Saham naik 4% di transaksi awal.

Indeks FTSE turun tipis 0,08%. Indeks DAX menguat 0,86%. Indeks CAC naik 0,3%.

Nokia memimpin kenaikan di seluruh Eropa, naik lebih dari 10%, setelah mengalahkan ekspektasi laba pada kuartal kedua. CEO mengatakan bahwa perusahaan melihat peluang jangka menengah yang konkret di belakang tren geopolitik.

UBI Banca melihat lompatan terbesar dalam kesepakatan awal di antara saham-saham perbankan, naik lebih dari 5%. Reaksi tersebut menyusul berita bahwa Intesa Sanpaolo telah mendapatkan 90,2% dari target sahamnya dalam penawaran untuk yang pertama.

Di Prancis, kantor statistik mengatakan PDB turun -13,8% pada kuartal kedua tahun ini, sedikit lebih baik dari perkiraan, tetapi masih yang terburuk dalam catatan. Pada hari Kamis, kantor statistik Jerman mengumumkan ekonomi Jerman mengalami kontraksi -10,1% pada kuartal kedua – pembacaan terburuk sejak pencatatan dimulai pada tahun 1970.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik seiring laporan positif pendapatan perusahaan. Namun kenaikan dibayangi sentimen bearish peningkatan kasus coronavirus dan pelemahan pertumbuhan ekonomi.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here