Bursa Eropa Naik Terdukung Peningkatan Data Manufaktur

425

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa bergerak naik pada hari Senin (03/08) terdukung laporan Markit Manufacturing Zona Eropa yang meningkat.

Indeks Stoxx 600 naik 0,5% pada 90 menit perdagangan, dengan saham teknologi dan bahan kimia keduanya naik 1,1% untuk memimpin kenaikan, sementara bank turun 0,4% setelah beberapa kejutan laporan pendapatan negatif.

Indeks FTSE naik 0,80%. Indeks DAX melonjak 2,08%. Indeks CAC menguat 1,03%.

Saham bergerak lebih tinggi setelah pembacaan IHS Markit Manufacturing PMI final Juli lalu menunjukkan aktivitas manufaktur di seluruh zona euro diperluas untuk pertama kalinya sejak awal 2019, karena permintaan pulih setelah berbulan-bulan tindakan penguncian yang disebabkan oleh coronavirus. Survei datang di 55,3, melampaui ekspektasi dan naik dari 48,9 pada Juni.

Ketegangan geopolitik terus membayangi sentimen investor, dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Minggu bahwa Presiden AS Donald Trump akan mengumumkan dalam beberapa hari mendatang tindakan baru terkait dengan perusahaan perangkat lunak China yang dilihat oleh pemerintahannya sebagai ancaman keamanan nasional.

Societe Generale pada hari Senin membukukan kerugian bersih mengejutkan 1,26 miliar euro ($ 1,48 miliar) untuk kuartal kedua, meleset dari ekspektasi analis di balik meningkatnya kerugian pinjaman karena pandemi coronavirus. Saham pemberi pinjaman Prancis ini diperdagangkan 2,8% lebih rendah pada Senin pagi.

HSBC melaporkan penurunan laba sebelum pajak sebesar 65% dari tahun ke tahun untuk enam bulan pertama tahun 2020, juga kehilangan proyeksi sebagai akibat dari peningkatan tajam ketentuan untuk kredit macet. Bank dengan aset terbesar di Eropa melihat sahamnya turun 4% pada awal perdagangan.

Heineken menarik dividen interim setelah berayun ke kerugian babak pertama, tetapi mengatakan bisnis telah meningkat sejak tingginya langkah-langkah kuncian di seluruh dunia pada bulan April. Saham pembuat bir Belanda turun 2,3%.

Di bagian atas Stoxx 600, penyedia terapi radiasi Swedia Elekta melonjak 12%, sedangkan di ujung lain indeks, pembuat mesin pesawat terbang MTU Aero Engine dan Rolls-Royce keduanya turun lebih dari 6%, dan Trainline turun lebih dari 7% .

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bergerak naik terdukung laporan Markit Manufacturing Zona Eropa yang rebound dari pelemahan sebelumnya. Bursa Eropa juga akan mencermati laporan pendapatan perusahaan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here