Sektor Manufaktur Zona Eropa Juli Ekspansi Pertama Kali Sejak Februari 2019

434

(Vibiznews – Economy & Business) Sektor manufaktur zona Eropa berkinerja lebih baik dari yang diperkirakan pada bulan Juli, data survei menunjukkan pada hari Senin (03/08).

Indeks manajer pembelian (PMI) Manufaktur IHS Markit Eurozone naik menjadi 51,8 pada Juli dari 47,4 pada Juni. Itu di atas perkiraan flash 51,1. Skor di atas 50 mengindikasikan ekspansi.

Ini adalah pertama kalinya PMI naik di atas 50 sejak Februari 2019.

Kenaikan terbesar dalam produksi dalam lebih dari dua tahun dan rebound dalam pesanan baru mendorong pemulihan di manufaktur zona euro, kata perusahaan data IHS Markit.

Spanyol memiliki sektor manufaktur berkinerja terkuat di bulan Juli. Namun, kasus coronavirus baru-baru ini melonjak di negara itu, berpotensi menimbulkan ancaman bagi pemulihan ekonominya.

Keuntungan solid terlihat di Austria dan Prancis. Jerman dan Italia mencatatkan pertumbuhan yang lebih sederhana. Tetapi Yunani dan Belanda keduanya memiliki pembacaan PMI di bawah level 50 tidak ada perubahan.

Chris Williamson, kepala ekonom bisnis di IHS Markit menyatakan pabrik-pabrik zona euro melaporkan awal yang sangat positif untuk kuartal ketiga. Pertumbuhan pesanan baru melampaui produksi, mengisyaratkan dengan kuat bahwa Agustus akan melihat kenaikan produksi lebih lanjut.

Namun, Williamson menyatakan bahwa pekerjaan tetap menjadi perhatian utama. Juli adalah bulan ke 15 berturut-turut di mana perusahaan-perusahaan telah memangkas pekerjaan, data survei menunjukkan.

IHS Markit mengatakan pengurangan pekerjaan bulan Juli adalah besar dan tajam secara historis. Data survei juga menunjukkan bahwa perusahaan terus beroperasi di bawah kapasitas.

Williamson menekankan meningkatnya pengangguran, ketidakamanan pekerjaan, gelombang kedua infeksi virus, dan langkah-langkah menjaga jarak sosial yang sedang berlangsung tak terhindarkan akan menahan pemulihan.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here