Kekuatan Bursa Amerika Awal Agustus Disumbang Lonjakan Saham Teknologi

353

(Vibiznews-Index) – Bursa saham Amerika awal bulan Agustus mencetak kekuatan baru bagi ketiga indeks utamanya dengan kontribusi lonjakan saham-saham teknologi.  Indeks Nasdaq kembali mencetak rekor penutupan tertinggi baru, sementara itu  S&P 500 mengakhiri sesi pada level penutupan terbaik dalam lebih dari lima bulan.

Indeks Dow Jones naik 236,08 atau 0,9 persen menjadi 26.664,40, indeks S&P 500 naik 23,49 poin atau 0,7 persen menjadi 3.294,61 dan indeks Nasdaq naik 157,52 poin atau 1,5 persen menjadi 10.902.80. Saham-saham teknologi bergerak rally melanjutkan kekuatan perdagangan akhir pekan lalu di tengah berita laba yang sebagian besar optimis.

Saham raksasa teknologi Apple  memperpanjang reli yang terlihat di sesi sebelumnya, melonjak 2,5 persen ke rekor penutupan tertinggi baru. Saham Microsoft melonjak 5,6 persen ke rekor penutupan tertinggi baru setelah raksasa perangkat lunak itu mengkonfirmasi sedang dalam pembicaraan untuk mengakuisisi TikTok- aplikasi berbagi video milik Cina.

Menambah sentimen positif di Wall Street, Institute for Supply Management merilis laporan yang menunjukkan percepatan yang lebih besar dari yang diharapkan dalam laju pertumbuhan aktivitas manufaktur AS di bulan Juli. Indeks  naik menjadi 54,2 pada Juli dari 52,6 pada Juni.

Lonjakan saham Microsoft memberikan dorongan kuat bagi saha-saham perangkat lunak dengan Dow Jones A.S. Software Index melonjak 3,8 persen ke rekor penutupan tertinggi. Kekuatan signifikan juga terlihat di antara saham bioteknologi, seperti tercermin oleh lonjakan 2,7 oleh Indeks Bioteknologi Arca NYSE.

Saham layanan minyak juga bergerak naik tajam hingga mendorong Indeks Layanan Minyak Philadelphia naik 2,1 persen. Saham baja, semikonduktor, dan perumahan juga menunjukkan pergerakan kuat ke atas pada hari itu, sementara itu saham emas dan saham real estat komersial melawan arus positif dan anjlok.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here