Bursa Eropa Naik Mencermati Laporan Pendapatan Perusahaan

250

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada Rabu (05/08) mencermati laporan pendapatan perusahaan besar, tetapi data ekonomi zona euro yang lebih lemah dari perkiraan membatasi kenaikan.

Indeks Stoxx 600 Eropa naik 0,7%, memangkas kenaikan sebelumnya setelah PMI zona euro final Juli (indeks manajer pembelian) masuk pada 56,5, dengan sektor jasa dominan blok menunjukkan rebound yang lebih lemah dari yang diperkirakan.

Indeks FTSE melompat 1%. Indeks DAX naik 0,9%. Indeks FTSE naik 0,8%.

Saham perjalanan dan liburan naik 1,6% untuk memimpin kenaikan sementara saham makanan dan minuman turun 0,5% lebih rendah.

Investor juga mengawasi negosiasi di Washington mengenai paket bantuan coronavirus baru A.S., di mana negosiator Gedung Putih pada hari Selasa berjanji untuk bekerja sepanjang waktu dengan rekan-rekan Demokrat untuk mendapatkan kesepakatan pada akhir minggu.

Penjualan ritel Juni untuk zona euro juga akan jatuh tempo pada pukul 10 pagi.

Commerzbank membukukan laba bersih 21% lebih baik dari perkiraan menjadi 220 juta euro ($ 260,2 juta) untuk kuartal kedua, dan memperkirakan kerugian bersih untuk setahun penuh dipicu oleh peningkatan ketentuan kerugian pinjaman karena pandemi coronavirus dan kebangkrutan dari Wirecard. Saham Commerzbank naik 4,4%.

Perusahaan asuransi Jerman, Allianz melaporkan penurunan 29% laba bersih untuk kuartal tersebut menjadi 1,53 miliar euro, tetapi mengatakan paruh kedua tahun ini akan lebih kuat daripada yang pertama asalkan situasi coronavirus tetap sama. Saham perusahaan 0,5% lebih rendah pada Rabu pagi.

BMW berayun ke kerugian bersih 666 juta miliar euro sebelum bunga dan pajak pada kuartal kedua, turun dari laba operasional 2,2 miliar euro untuk periode yang sama tahun lalu. Pembuat mobil Jerman juga menyatakan kembali peringatannya bahwa laba sebelum pajak untuk tahun 2020 akan secara signifikan di bawah level yang terlihat pada tahun 2019. Saham turun 3,2% pada awal perdagangan.

Saham Deutsche Post naik 2,1% setelah raksasa pengiriman paket itu mengalahkan ekspektasi untuk mencatat kenaikan 19% dalam laba operasi kuartal kedua menjadi 912 juta euro dan mengkonfirmasi pedoman setahun penuhnya. Raksasa supermarket Belanda Ahold Delhaize melaporkan kenaikan penjualan dan laba operasional yang lebih baik dari perkiraan di tengah lonjakan penjualan online selama pandemi, mengirim saham 5,5% lebih tinggi.

Grup hotel Accor melaporkan kerugian pada semester pertama dan meluncurkan rencana untuk memangkas 1.000 pekerjaan sebagai bagian dari upaya penghematan biaya tahunan sebesar 200 juta euro setelah pandemi merebaknya permintaan. Saham perusahaan turun 1,6%.

Dalam hal kinerja harga saham individu, induk British Airways IAG dan maskapai berbiaya rendah easyJet masing-masing naik 7,2% dan 7,9% untuk memimpin Stoxx 600.

Di bagian bawah indeks blue chip Eropa, perusahaan perawatan kesehatan Jerman Fresenius turun 4,2% setelah Jefferies menurunkan peringkat saham.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi naik jika laporan pendapatan perusahaan memperlihatkan hasil yang meningkat. Bursa juga akan mencermati perkembangan kasus coronavirus dan perkembangan stimulus AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here