Bursa Amerika Semakin Kuat, Data Ekonomi Dilaporkan Optimis

334

(Vibiznews-Index) – Perdagangan saham di bursa  Amerika bertambah kuat hingga akhir sesi Rabu dinihari WIB (5/8/2020), dengan ketiga indeks utamanya bergerak ke posisi terbaiknya. Nasdaq kembali cetak rekor tertingginya dan Dow Jones ditutup lebih tinggi untuk sesi ketiga berturut-turut.

Indeks Dow Jones naik 164,07 poin atau 0,6 persen menjadi 26.828,47, indeks  Nasdaq naik 38,37 poin atau 0,4 persen ke rekor penutupan tertinggi baru 10.941,17 dan S&P 500 naik 11,90 menjadi 0,4 persen menjadi 3.306,51 yang merupakan level penutupan terbaik dalam lebih dari lima bulan.

Kekuatan saham di Wall Street sebagian  mencerminkan reaksi positif terhadap komentar dari Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell, R-Ken bahwa  dia siap untuk mendukung RUU bantuan coronavirus antara Demokrat dan Gedung Putih meskipun dia memiliki beberapa masalah dengan bagian-bagian tertentunya.

Namun ketidakpastian tentang stimulus baru tersebut sempat membuat pergerakan indeks yang fluktuatif. Pejabat Demokrat dan pemerintah Trump mengatakan mereka akan membuat kemajuan menuju kesepakatan tetapi Ketua DPR Nancy Pelosi mencatat kedua pihak masih memiliki perbedaan.

Dari sisi laporan ekonomi AS, Departemen Perdagangan merilis laporan yang menunjukkan peningkatan substansial baru dalam pesanan baru untuk barang-barang manufaktur di bulan Juni. Pesanan pabrik melonjak 6,2 persen pada Juni setelah meroket dengan 7,7 persen direvisi pada Mei.

Melihat pergerakan sektoral, saham emas bergerak naik tajam hingga mendorong NYSE Arca Gold Bugs Index naik 4,4 persen ke level penutupan terbaik dalam lebih dari tujuh tahun.

Kekuatan substansial juga terlihat di antara saham energi, yang bergerak lebih tinggi hingga membuat NYSE Arca Natural Gas Index melonjak 3,6 persen, Philadelphia Oil Service Index melonjak 2,9 persen dan NYSE Arca Oil Index naik 1,9 persen.

Saham maskapai penerbangan juga melihat kekuatan yang cukup besar pada hari itu, dengan NYSE Arca Airline Index melonjak 2,4 persen setelah mengakhiri sesi sebelumnya di level penutupan terendah dalam dua bulan. Demikian juga pada saham bioteknologi dan perangkat lunak kembali menguat setelah reli Senin.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here