Rekomendasi Harga Minyak 6 Agustus 2020: Naik ke Atas $43 Karena Berbagai Faktor

244

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berjangka WTI di Nymex memperpanjang keuntungannya untuk hari ketiga berturut-turut dengan kenaikan menembus $43.

Minyak mentah AS ini mendapatkan gelombang permintaan yang baru di Eropa dan lompat hampir 80 sen menyentuh ketinggian dua minggu yang baru di $42.41. Selama perdagangan sesi Asia emas hitam ini mendapatkan “support” yang solid di level $41.50.

Katalisator utama dibalik rally minyak terbaru ini adalah membaiknya sentimen pasar secara signifikan dengan ekspektasi persetujuan stimulus fiskal AS mendorong naik saham-saham Eropa dan saham berjangka AS. Gedung Putih kelihatannya semakin dekat dengan persetujuan akan stimulus yang baru untuk membantu ekonomi AS yang terpukul oleh coronavirus.

Sementara, keprihatinan penurunan ekonomi yang disebabkan oleh dampak virus membebani baik imbal hasil obligasi AS maupun dolar AS. Hal ini menguntungkan minyak yang berdenominasi USD, yang menjadi murah bagi para pembeli luar negeri.

Selain itu penurunan inventori minyak mentah mingguan AS ternyata lebih besar daripada yang diperkirakan sebagaimana yang dilaporkan oleh American Petroleum Institute (API). Berita ini menambah kenaikan daripada harga minyak. Data API menunjukkan persediaan minyak mentah AS turun sebanyak 8,6 juta barel seminggu menjadi 520 juta barel dibandingkan dengan yang diperkirakan penurunan sebanyak 3 juta barel.

Persediaan minyak mentah AS turun – 7.4 juta barel pada minggu yang berakhir tanggal 31 Juli sebagaimana yang dilaporkan oleh Energy Information Administration (EIA). Angka ini lebih besar daripada yang diperkirakan pasar penurunan sebanyak 3 juta barel. Akibatnya pada awal pengumuman harga WTI mengalami kenaikan 4.5% secara basis harian dan diperdagangkan di $43.37, sebelum akhirnya terkoreksi ke $43.17.

Kenaikan lebih lanjut akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $43.26 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $44.33 dan kemudian $45.00. Sedangkan “support” terdekat menunggu di $43.00 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $42.50 dan kemudian $42.00.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here