Survei Konsumen BI Juli: Keyakinan Konsumen Membaik, Persepsi Ekonomi Meningkat

198
Vibizmedia Photo

(Vibiznews – Economy) – Survei Konsumen Bank Indonesia pada Juli 2020 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik, meskipun masih berada pada zona pesimis (<100). Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) sebesar 86,2 pada Juli 2020, meningkat dari 83,8 pada bulan sebelumnya. Keyakinan konsumen terpantau menguat pada seluruh kelompok usia responden dan hampir seluruh kategori tingkat pengeluaran. Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 13 kota survei, dengan kenaikan tertinggi di kota Mataram, Denpasar, dan Pangkal Pinang.

“Menguatnya keyakinan konsumen pada Juli 2020 didorong oleh membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini, yang terefleksi pada perbaikan seluruh komponen pembentuknya yaitu keyakinan terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama. Hal tersebut seiring dengan kegiatan ekonomi yang kembali meningkat pasca pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai kota di Indonesia,” demikian penjelasan Departemen Komunikasi BI kepada media, Kamis (6/8).

Sumber: BI, 6/8/2020

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang terpantau relatif stabil, seiring masih terbatasnya ekspektasi terhadap penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja di tengah ekspektasi kegiatan usaha yang membaik.

Analis Vibiz Research Center melihat pelonggaran PSBB belakangan ini telah memicu kembali kenaikan optimisme konsumen, walau masih di rentang bawah 100 pada Mei 2020. Dengan demikian dapat disebut bahwa konsumen memberikan apresiasi positif terhadap upaya pemerintah dan otoritas moneter dan Lembaga terkait dalam program pemulihan ekonomi nasional, termasuk koordinasi dalam memasuki tahap “new normal”, karena ini akan memberi peluang pemulihan ekonomi yang lebih cepat nantinya.

 

Alfred Pakasi/VBN/MP Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here