Bursa Eropa Mixed Menantikan Laporan Non Farm Payroll AS

443

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa mixed pada hari Jumat menjelang laporan Non Farm Payroll AS di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing.

Indeks Stoxx 600 Eropa melayang tepat di atas garis datar pada sore hari, dengan bank jatuh 1,3% memimpin kerugian sementara industri naik 0,7%.

Indeks FTSE naik tipis 0,02%. Indeks DAX naik 0,22%. Indeks CAC melemah -0,23%.

Di Amerika Serikat, data nonfarm payrolls yang diawasi ketat untuk bulan lalu akan dirilis malam ini. Para ekonom memperkirakan 1,48 juta pekerjaan diperoleh pada Juli, turun tajam dari 4,8 juta pada Juni, menurut Dow Jones.

Di Eropa, neraca perdagangan Prancis bulan Juni mencapai -7,96 miliar euro ($ -9,43 miliar) dibandingkan dengan revisi -7,46 miliar euro pada Mei, menurut angka kantor bea cukai yang dirilis Jumat.

Produksi industri Jerman naik 8,9% di bulan Juni, didukung oleh kenaikan ekspor 14,9% yang sebagian besar didorong oleh China.

Dalam hal aksi harga saham individu, Hikma Pharmaceuticals melambung lebih dari 11% pada perdagangan sore setelah perusahaan yang terdaftar di London itu melaporkan lonjakan laba semester pertama dan menaikkan prospek penjualannya.

Di bagian bawah indeks blue-chip Eropa, TP ICAP turun lebih dari 11% setelah laporan pendapatan paruh pertama, di mana pialang yang terdaftar di London itu memperingatkan awal yang lemah lembut untuk paruh kedua.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati laporan Non Farm Payroll AS malam ini yang jika terealisir turun, maka akan menekan bursa Eropa dan sebaliknya.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here