NFP Juli AS Turun, Masih Lebih Baik dari Perkiraan

546

(Vibiznews – Economy & Business) Non Farm Payrolls AS pada bulan Juli melambat tetapi masih lebih baik dari perkiraan Wall Street bahkan saat kenaikan kasus coronavirus menekan ekonomi AS.

Total Non Farm Payrolls meningkat dari 1,763 juta pada bulan tersebut. Tingkat pengangguran turun menjadi 10,2%, juga lebih baik dari perkiraan para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones. Konsensusnya adalah untuk pertumbuhan 1,4 juta dan tingkat pengangguran 10,6%.

Namun, ada variasi luas di sekitar perkiraan karena kenaikan pandemi coronavirus menekan ekonomi AS yang rencananya dibuka menjadi ditutup kembali. Prakiraan berkisar dari penurunan setengah juta pekerjaan hingga kenaikan 3 juta. Mei dan Juni mengalami peningkatan gabungan lebih dari 7,5 juta, kenaikan dua bulan tercepat dalam sejarah AS.

Alasan untuk kenaikan besar itu, adalah kembalinya pekerja yang dipindahkan dan diberhentikan ketika bangsa itu berusaha untuk menunda penyebaran Covid-19.

Meskipun bar dan restoran telah berjuang untuk mengatasi pembatasan yang disebabkan oleh pandemi, sektor liburan dan keramahtamahan memimpin bulan dengan pertumbuhan 592.000 pekerjaan, dengan 502.000 di antaranya datang ke tempat makan dan minum.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here