Rekomendasi Harga Minyak 7 Agustus 2020: Penurunan Tertolong Bagusnya Data AS

383

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak berjangka WTI di Nymex mengalami koreksi penurunan dari ketinggian selama 5 bulan di 43.52 selama perdagangan sesi Eropa dan sempat menyentuh harga di bawah $42. Harga minyak AS ini sempat turun 0.80% dan diperdagangkan di $41.85. Kembalinya “bearish” terjadi setelah pemulihan minor bertemu dengan “supply” di $42.50.

Gelombang “risk-off” yang baru mencengkeram pasar Eropa dan menyebabkan penurunan harga minyak, dengan permintaan dolar AS mengalami kenaikan. Menguatnya dolar AS membuat harga minyak yang berdenominasikan dolar menjadi mahal bagi para pembeli luarnegeri.

Sementara itu, naiknya kasus coronavirus dan dampak negatifnya yang berkelanjutan terhadap pemulihan ekonomi global merusak prospek permintaan minyak dan pada akhirnya membebani minyak WTI.

Tekanan turun terhadap harga minyak bertambah lagi dengan naiknya inventori dari produk-produk minyak hasil sulingan yang melebihi penurunan tajam di persediaan minyak mentah. Data dari Energy Information Administration (EIA) menunjukkan persediaan minyak yang disuling yang termasuk diesel naik ke ketinggian selama 38 tahun dan inventori gasoline tanpa terduga naik untuk minggu kedua.

Harga minyak WTI berhasil terangkat naik sedikit ke $42.55 setelah ada berita bahwa Irak akan membuat pemotongan produksi minyak tambahan pada bulan Agustus dan keluarnya data klaim pengangguran mingguan AS yang lebih bagus daripada yang diperkirakan. Bagusnya data pengangguran minggua AS ini membuat harapan untuk pemulihan yang mantap di dalam outlook permintaan minyak tetap hidup.

Kenaikan harga minyak selanjutnya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $43.45 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $44.54 dan kemudian $45.46. Sementara penurunannya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $41.43 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $40.51 dan kemudian $39.41.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here