HUT Pasar Modal Indonesia ke 43 Tahun, “Memperkuat Stabilitas Pasar Modal pada Era New Normal”

496

(Vibiznews – IDX) Pada hari ini tanggal 10 Agustus 2020, merupakan hari jadi Pasar Modal Indonesia yang ke-43 sejak diaktifkannya kembali oleh Pemerintah RI pada tanggal 10 Agustus 1977. Seperti tahun sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan bekerja sama dengan Self Regulatory Organizations (PT Bursa Efek Indonesia, PT Kliring dan Penjaminan Efek Indonesia, dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia) menjadi panitia perayaan diaktifkannya kembali Pasar Modal tahun ini.

Perayaan diaktifkannya kembali Pasar Modal tahun ini mengangkat tema, “Memperkuat Stabilitas Pasar Modal pada Era New Normal”. Latar belakang dipilihnya tema tersebut karena adanya semangat dan keyakinan dari OJK dan SRO bahwa pada era new normal ini pertumbuhan ekonomi Indonesia akan kembali meningkat dan stabilitas Pasar Modal Indonesia akan terus menguat. Hal ini sejalan dengan beberapa inisiatif dan capaian OJK Sektor Pasar Modal hingga Triwulan III tahun 2020 ini.

Dalam perayaaan hari jadi ke-43 tersebut akan diselenggarakan beberapa kegiatan secara virtual antara lain pembukaan perdagangan di Bursa Efek yang dibarengi dengan launching e-IPO, e-Proxy, Indeks IDX Quality30, Virtual Trading, 3 juta investor baru, dan Roadmap Pasar Modal Syariah. Kemudian mengadakan Webinar dengan tema Covid- 19, Current Challenges and the Future of Financial Market, Sekolah Pasar Modal untuk Negeri dengan salah satu materi terkait waspada investasi, Kompetisi Virtual untuk umum dan karyawan OJK-SRO, 10 Days Challenge berupa tantangan dalam melakukan pembukaan rekening efek saham, Indonesia Capital Market Got Talent, Capital Market Summit & Expo, CEO Networking, e-competitions, Capital Market Fun Day 2020 dalam bentuk virtual, Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk pengadaan ventilator untuk rumah sakit non pemerintah, Lomba Foto & Penulisan Artikel Jurnalistik, dan Media Gathering, dan beberapa acara lain yang diikuti wartawan serta masyarakat umum.

Melalui perayaan ini, diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap industri Pasar Modal sekaligus menjadi momentum untuk mengenang kembali tonggak sejarah diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia. Selain itu, perayaan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengkomunikasikan pencapaian dan peranan penting Pasar Modal Indonesia dalam perekonomian nasional, serta menjalin hubungan baik antar sesama pelaku Pasar Modal, media, maupun masyarakat secara umum melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here