Rekomendasi Harga Minyak 10 – 14 Agustus 2020: Bearish Mengambil Alih?

407

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah terus mengalami penurunan pada hari Jumat dan minyak West Texas Intermediate (WTI) menyentuh ke rendahan harian di $41.05 sebelum naik lagi sedikit ke $41.73. Meskipun terjadi penurunan yang tajam pada paruh kedua minggu lalu, harga WTI pada minggu lalu tetap dalam jalur kenaikan dan menutup minggu lalu dengan kenaikan 2% dalam seminggu.

Keprihatinan akan outlook permintaan minyak mentah membebani harga minyak.

Biro Statistik Tenaga Kerja AS pada hari Jumat minggu lalu melaporkan bahwa Non – Farm Payrolls menunjukkan kenaikan pekerjaan sebanyak 1.763.000 yang lebih baik daripada yang diperkirakan. Tingkat pengangguran berada di 10.2% pada bulan Juli. Meskipun angka ini lebih baik daripada yang diperkirakan pasar, tetap menunjukkan penurunan yang tajam dalam kecepatan perekrutan dan pengupahan setelah kenaikan yang mengejutkan pada bulan Juni sebanyak 4.791.000 dan hal ini membangkitkan keprihatinan  terhadap pemulihan yang mantap di dalam permintaan terhadap energi.

Selain itu, kurangnya kemajuan di dalam negosiasi untuk mengeluarkan undang-undang baru mengenai paket kelegaan coronavirus di Amerika Serikat menyebabkan para investor mengambil sikap berhati-hati dan hal ini menambah beban atas harga minyak yang sensitif terhadap resiko.

Sementara itu, data mingguan yang dipublikasikan oleh Baker Hughes Energy Services menunjukkan bahwa jumlah pengilangan minyak yang aktif di Amerika Serikat turun ke rekor kerendahan di 176 pada minggu ini dari sebelumnya di 180, telah membantu membatasi kejatuhan harga minyak.

Penurunan selanjutnya akan berhadapan dengan “support” terdekat di $41.69 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $41.25 dan kemudian $40.70. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $42.68 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $43.23 dan kemudian $43.67.

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here