Bursa Amerika Menguat, Dow Jones dan S&P500 Terbaik dalam 5 Bulan

328
Vibizmedia Photo

(Vibiznews-Index) – Perdagangan saham awal pekan di bursa Amerika yang berakhir Selasa dinihari WIB (11/8/2020), mayoritas indeks bergerak lebih kuat ke posisi terbaiknya. Hanya saham-saham teknologi yang alami tekanan jual cukup kuat sehingga indeks Nasdaq kembali di zona merah.  Indeks Dow Jones dan S&P 500 naik ke level penutupan terbaiknya dalam lebih dari lima bulan.

Indeks Dow Jones melonjak 357,96 poin atau 1,3 persen menjadi 27.791,44 dan indeks S&P 500 naik 9,19 poin atau 0,3 persen menjadi 3.360,47. Sedangkan indeks Nasdaq turun 42,63 poin atau 0,4 persen menjadi 10.968,36.  Kekuatan saham di Wall Street merespon sikap Presiden Donald Trump menandatangani perintah eksekutif yang bertujuan untuk memberikan bantuan stimulus kepada orang Amerika.

Namun perintah tersebut kemungkinan akan menghadapi tantangan hukum, karena Kongres AS mengontrol pendanaan yang diperlukan untuk melanjutkan program. Kemudian kekhawatiran tentang meningkatnya ketegangan antara AS dan China juga membatasi  minat beli saham khususnya saham teknologi.

Saham maskapai penerbangan menunjukkan pergerakan substansial ke  atas hingga mendorong NYSE Arca Airline Index naik 5 persen. Reli saham maskapai terjadi ketika data federal menunjukkan jumlah orang yang melewati pos pemeriksaan Administrasi Keamanan Transportasi di bandara AS pada hari Minggu naik ke level tertinggi sejak 17 Maret.

Penguatan yang cukup besar juga terlihat pada saham energi yang memicu Philadelphia Oil Service Index melonjak 3,8 persen, sedangkan NYSE Arca Oil Index dan NYSE Arca Natural Gas Index masing-masing melonjak 2,9 persen dan 2,7 persen.

Saham baja, transportasi dan perangkat keras komputer juga menunjukkan kekuatan yang signifikan pada hari itu, dan sebaliknya terjadi pergerakan negatif yang terlihat di antara saham perangkat lunak, emas, dan bioteknologi.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here