Harga Karet Tocom 11 Agustus Retreat dari Posisi Tertinggi 5 Bulan

739

(Vibiznews – Commodity) – Rally panjang harga karet acuan internasional yang diperdagangkan di bursa Osaka Exchange – Jepang selama 5 hari berturut pekan lalu tidak berlanjut pada perdagangan awal pekan ini. Setelah libur sehari, harga karet Tocom di bursa Osaka retreat dari posisi harga tertinggi dalam 5 bulan yang dicapai akhir pekan lalu. Turunnya harga karet terjadi oleh aksi profit taking dengan sentimen pasar mendukung kenaikan harga lanjutan.

Dari posisi yen Jepang, sedang melemah terhadap dolar AS dan biasanya ini sangat menguntungkan investor memburu aset dengan mata uang yang lebih rendah dari dolar. Sentimen pendukung lainnya juga menunjukkan penguatan seperti pergerakan harga minyak mentah acuan internasional di bursa berjangka global.

Namun tekanan yang membuat terjadinya profit taking pada harga karet Tocom yaitu kekhawatiran terancamnya perjanjian dagang AS-China setelah China umuman memberi sanksi bagi pejabat publik Amerika sebagai pembalasan yang dilakukan AS terhadap pimpinan Hong Kong dan pejabat China lainnya.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Janusari 20201 akhir perdagangan  sesi sore ditutup melemah 3,3 yen atau 1,86%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 174.4 yen. Sempat bergerak kuat  ke posisi 177,5  dan turun ke posisi rendah di 173,3.

Turunnya harga karet Tocom juga diikuti oleh pergerakan harga di bursa Singapura dan Shanghai. Harga karet di  bursa Singapura – Sicom,  untuk kontrak berjangka bulan Desember 2020 melemah US$2,4  atau 1,78% ke posisi 132.7. Untuk perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan Januar1 2021 berada di posisi 12365 yuan, yang anjlok 90 yuan atau 1,06% dari posisi sebelumnya. 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here