Rebound Hang Seng 11 Agustus Diperkuat Lonjakan Saham Konsumen

308
indeks hang seng

(Vibiznews – Indeks) – Bursa saham  Hong Kong hari Selasa (11/8/2020) rebound setelah  bearish selama 3 hari berturut, membuat indeks Hang Seng melompat ke posisi tertinggi 3 hari.  Bullish saham di bursa Hong Kong hari ini menghiraukan sentimen negatif perdagangan sebelumnya yang tertekan ketegangan AS-China, ditopang oleh lonjakan saham sektor konsumen.

Sentimen investor mengalihkan fokus  ke perusahaan konsumen yang mendapatkan keuntungan dari dampak permintaan domestik China yang kuat,  setelah  China ingin mengurangi ketergantungannya pada pasar luar negeri dan teknologi untuk pembangunan ekonominya.

China menjatuhkan sanksi kepada 11 warga AS, termasuk anggota parlemen dari Partai Republik Presiden Donald Trump, pada hari Senin sebagai tanggapan atas pengenaan sanksi Washington terhadap Hong Kong dan pejabat China yang dituduh membatasi kebebasan politik di bekas koloni Inggris itu.

Namun sentimen tenggelam oleh rencana  pertemuan antara pejabat perdagangan AS dan China pada hari Sabtu untuk meninjau enam bulan pertama dari kesepakatan perdagangan Fase 1.

Indeks Hang Seng ditutup naik 513,25 atau 2,1% lebih tinggi ke posisi 24.890,68.  Demikian untuk indeks saham  Cina  Enterprise (HSCE)  dengan 60 saham unggulan turun 72,76 poin atau 1,6% lebih tinggi ke posisi 10.153,40. Untuk indeks Hang Seng berjangka bulan Agustus sedang bergerak positif dengan naik 489 poin atau 2% ke posisi 24895.     

Secara sektoral, mayoritas sektor masuk zona hijau  kecuali saham sektor tambang dan healthcare. Saham yang masuk zona hijau dipimpin oleh lonjakan sektor consumer  dengan kenaikan 3,04% yang disusul oleh sektor telekomunikasi dengan kenaikan 2,04%.  

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here