Bursa Eropa Bergerak Naik Mengabaikan Kekhawatiran Pandemi

213

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa naik pada Rabu (12/08) setelah awal perdagangan yang berombak, dengan harapan terjadi pemulihan ekonomi meskipun pandemi coronavirus masih berlangsung.

Indeks Stoxx 600 naik 0,3% pada sore hari, dengan telekomunikasi dan bank menambahkan 1,5% untuk memimpin kenaikan sementara sektor perjalanan dan rekreasi turun 0,9%.

Indeks FTSE melonjak 1,24%. Indeks DAX naik tipis 0,02%. Indeks CAC menguat 0,40%.

Angka-angka yang diterbitkan Rabu mengungkapkan bahwa ekonomi Inggris mengalami kontraksi dengan rekor 20,4% pada kuartal kedua tahun 2020, dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, karena penguncian yang disebabkan oleh virus corona menghantam aktivitas. Namun, rebound 8,7% di bulan Juni menawarkan beberapa alasan untuk optimisme.

Pasar global mengamati perkembangan wabah virus corona dengan hati-hati setelah kasus global virus sekarang mencapai 20 juta.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan bahwa dia akan menunda proses pemilihan umum setelah negara itu melaporkan kasus pertamanya pada hari Selasa, setelah 102 hari tanpa transmisi lokal. Kenaikan tajam dalam kasus harian di Prancis juga mendorong Perdana Menteri Jean Castex dilaporkan memperingatkan negara itu bahwa mereka telah salah jalan selama dua minggu terakhir.

Di AS, kasus baru harian tampaknya menurun, meskipun pengujian di beberapa negara bagian besar, termasuk Texas, juga turun, yang dapat memperumit data. Dalam berita lain, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pada hari Selasa bahwa negara tersebut telah menyetujui vaksin pertama di dunia, meskipun para peneliti belum merilis data keamanan dan kemanjuran obat tersebut.

Penghasilan tetap berada di radar investor. Bank Belanda ABN Amro melonjak 7,4% setelah mengalahkan ekspektasi laba kuartal kedua, sementara juga mengumumkan akan menghentikan operasi perdagangan dan pembiayaan komoditas dalam perombakan besar-besaran bank perusahaan.

Dalam hal aksi harga saham individu, perusahaan telekomunikasi Swiss Sunrise Communications melonjak lebih dari 26% setelah Liberty Global meluncurkan tawaran pengambilalihan penuh. Tawaran itu juga mengirim saham Freenet lebih dari 14% lebih tinggi.

Di ujung lain dari indeks blue-chip Eropa, perusahaan jasa fasilitas Denmark ISS A / S dan perusahaan bioteknologi Jerman Evotec keduanya turun lebih dari 6% setelah laporan pendapatan semester pertama.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi naik mencermati harapan stimulus dana bantuan pemerintah AS dan harapan pemulihan ekonomi negara eropa.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here