Bursa Eropa Masih Lemah Pasca Rilis Data Jobless Claim AS

282

(Vibiznews – Index) Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada Kamis (13/08) setelah data jobless claim dirilis malam ini.

Klaim pertama kali untuk asuransi pengangguran terakhir turun di bawah 1 juta untuk pertama kalinya sejak 21 Maret sebagai tanda bahwa pasar tenaga kerja terus pulih dari pandemi virus corona. Total klaim 963.000 untuk pekan yang berakhir 8 Agustus jauh di bawah perkiraan 1,1 juta dari ekonom yang disurvei oleh Dow Jones.

Indeks Stoxx 600 Eropa turun 0,4% di perdagangan pagi, dengan sumber daya dasar turun 1,7% untuk memimpin kerugian sementara telekomunikasi melawan tren untuk menambah 0,7%.

Indeks FTSE melemah -0,98%. Indeks DAX turun -0,29%. Indeks CAC melemah -0,28%.

Thyssenkrupp adalah salah satu yang berkinerja terburuk di indeks, dengan sahamnya turun 13,8% setelah perusahaan baja Jerman itu membukukan kerugian kuartalan 679 juta euro ($ 800 juta). Perusahaan mengatakan melihat tanda-tanda stabilisasi, setelah pelonggaran pembatasan penguncian dan penjualan unit elevator bulan lalu.

Saham Carlsberg juga turun sekitar 4,8% setelah pembuat bir Denmark itu mengatakan pihaknya memperkirakan laba turun 10% -15% pada tahun 2020 karena penguncian di Eropa dan China memengaruhi penjualan, Reuters melaporkan.

Saham Deutsche Telekom naik 2% setelah perusahaan membukukan lonjakan pendapatan kuartal kedua dan laba inti, dan menaikkan panduannya untuk tahun ini.

Sementara itu, Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan pada hari Rabu bahwa Demokrat dan pemerintahan Trump terpisah jauh dalam negosiasi untuk paket bantuan pandemi berikutnya.

Di Asia, pasar sebagian besar melonjak pada Kamis pagi, menyusul lonjakan di pasar AS pada Rabu karena saham teknologi menguat, mengabaikan kurangnya kemajuan atas paket bantuan virus corona.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa berpotensi lemah menantikan negosiasi stimulus dana bantuan pemerintah AS.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here