Klaim Pengangguran AS Turun Dibawah Perkiraan

259

(Vibiznews – Economy & Business) Klaim pertama kali untuk asuransi pengangguran terakhir turun di bawah 1 juta untuk pertama kalinya sejak 21 Maret sebagai tanda bahwa pasar tenaga kerja terus pulih dari pandemi virus corona.

Total klaim 963.000 untuk pekan yang berakhir 8 Agustus jauh di bawah perkiraan 1,1 juta dari ekonom yang disurvei oleh Dow Jones.

Klaim pengangguran telah mencapai total di atas 1 juta selama 20 minggu berturut-turut karena ekonomi AS terkunci untuk menahan Covid-19. Terakhir kali totalnya di bawah angka itu adalah 14 Maret, dengan 282.000, tepat saat deklarasi pandemi pertama kali melanda.

Sementara pasar membaca di bawah 1 juta adalah pencapaian, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan agar pasar kerja kembali normal. Mereka yang mengumpulkan manfaat setidaknya selama dua minggu, yang dikenal sebagai klaim berkelanjutan, berjumlah hampir 15,5 juta, turun 604.000 dari seminggu yang lalu tetapi masih jauh di atas tingkat pra-pandemi.

Total orang Amerika yang menerima tunjangan pengangguran turun tajam untuk pekan yang berakhir 25 Juli, turun lebih dari 3 juta menjadi 28,26 juta, juga menunjukkan tren penurunan pengangguran. Setahun lalu, angka itu 1,7 juta.

Asido Situmorang, Senior Analyst, Vibiz Research Center, Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here