Rally Saham di Bursa Jepang Berlanjut oleh Lonjakan Sektor Teknologi

288
Photo by Vibizmedia

(Vibiznews – Indeks) – Rally saham di bursa Jepang masih terjadi pada perdagangan  hari Kamis (13/8/2020), hingga membuat indeks Nikkei melompat ke posisi tertinggi 6 bulan. Kekuatan indeks Nikkei mendapat dukungan dari lonjakan saham-saham subsektor semikonduktor (sektor teknologi) sekalipun posisi yen Jepang sedang menguat terhadap dolar AS.

Sentimen investor masih positif oleh  harapan prospek stimulus AS tetap berlaku, meskipun ada pernyataan dari Menteri Keuangan AS yang mengatakan bahwa mungkin tidak ada kesepakatan untuk dicapai dengan anggota parlemen terkait RUU paket bantuan yang cukup besar itu.

Indeks Nikkei ditutup  melonjak 405,65 poin atau 1,78 persen lebih tinggi pada 23.249,61,  penutupan tertinggi sejak 21 Februari. Demikian juga untuk  indeks Topix naik 18,62 poin atau 1,16 persen lebih tinggi ke posisi 1.624,15. Untuk indeks Nikkei berjangka bulan September 2020 kini sedang bergerak positif dengan naik 310 poin atau 1,35% ke posisi 23.210.

Saham-saham semikonduktor yang melonjak seperti saham pembuat mesin pembuat chip Tokyo Electron naik 3,11%, saham Murata Manufacturing yang juga produsen kapasitor dan komponen elektronik lainnya naik 2,57%. Selain itu juga saham Mitsui Chemicals melonjak 8,58 persen, karena pelaku pasar bereaksi positif terhadap revisi kenaikan perusahaan kimia tersebut terhadap proyeksi laba operasi dan laba bersih untuk tahun ini hingga Maret 2021.

Demikian dengan saham Pan Pacific International Holdings, yang menjalankan toko diskon Don Quijote, naik 8,10 persen, sebagai tanggapan atas laba operasi yang lebih baik dari perkiraan untuk tahun yang berakhir pada bulan Juni.

 

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here