Harga Batubara Dunia Pulih dari Posisi Terendah 4 Tahun Lebih

419

(Vibiznews – Commodity) – Terjadi pemulihan harga pada perdagangan batubara dunia yang anjlok 3 hari berturut hingga terjun ke posisi terendah 4 tahun lebih perdagangan hari sebelumnya. Harga batubara NewCastle di bursa ICE Eropa rebound di tengah anjloknya harga minyak mentah dunia.

Pelemahan dolar di pasar Eropa dijadikan investor melakukan aksi bargain hunting pada bursa komoditas setelah harga sudah terjun cukup rendah. Selain itu pergerakan positif harga batubara disupport pergerakan rally harga gas alam.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara  berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Agustus 2020 di ICE Eropa ditutup rebound ke posisi US$50,50. Harga alami penurunan US$0,45 atau 0,90% dari sesi sebelumnya, dan awal sesi berada di posisi US$50.30.

Secara fundamental pergerakan kuat harga batubara juga disumbang oleh perkembangan vaksin coronavirus di Amerika Serikat yang memberikan harapan pemulihan ekonomi global pasca pandemic, menyusul pengumuman Presiden AS Donald Trump bahwa pemerintah akan membeli 100 juta dosis vaksin dari Moderna Inc.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here