Semangat Kemerdekaan dalam HUT ke-75 RI: Percepatan Pemulihan Ekonomi

400

(Vibiznews – Economy) – Presiden RI Joko Widodo memimpin upacara  bendera dalam Peringatan Detik-Detik Proklamasi HUT Ke-75 RI pada Senin, 17 Agustus 2020 yang dilakukan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Sekalipun upacara ini dibuat menyesuaikan protokol covid-19 dengan terbatasnya jumlah petugas, namun semangat kemerdekekaan tidak surut.

Perbedaan yang terlihat pada upacara hari ini salah satunya pada anggota Paskibraka Nasional 2020 yang hanya berjumlah delapan orang, biasanya berjumlah 68 orang dengan petugas pengibar Sang Merah Putih 3 orang. Dipangkasnya jumlah anggota paskibraka yang betugas karena pandemi Covid-19.

Semangat kemerdekaan yang tidak surut dalam menghadapi pandemi covid-19 ini terlihat juga dari upaya pemerintah mensejahterakan penduduknya. Dalam penyampaian keterangan Pemerintah atas RUU APBN 2021 dan Nota Keuangan di Gedung DPR hari Jumat (14/8/2020), Presiden Joko Widodo sebutkan bahwa pemerintah akan mengusung tema kebijakan fiskal tahun 2021, yaitu “Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi”.

Program pemulihan ekonomi akan terus dilanjutkan bersamaan dengan reformasi di berbagai bidang terkait dengan situasi ketidakpastian global maupun domestik masih akan terjadi di tahun 2021 mendatang.

Arah kebijakan rancangan APBN 202 adalah untuk mendorong reformasi struktural untuk meningkatkan produktivitas, inovasi, dan daya saing ekonomi. Hal yang ketiga, adalah mempercepat transformasi ekonomi menuju era digital. Serta keempat, untuk pemanfaatan dan antisipasi perubahan demografi.

Mengingat adanya ketidakpastian, Presiden menyebut bahwa RAPBN harus mengantisipasi ketidakpastian pemulihan ekonomi dunia, volatilitas harga komoditas, serta perkembangan tatanan sosial ekonomi dan geopolitik, juga efektivitas pemulihan ekonomi nasional, serta kondisi dan stabilitas sektor keuangan.

Jul Allens/ Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here