Harga Karet Tocom Diperkuat Laporan Meningkatnya Outlook Konsumsi Global

555

(Vibiznews – Commodity) – Perdagangan karet di bursa komoditas internasional sedang memiliki fundamental kuat, sehingga pergerakan harga masih menunjukkan arah yang positif hingga perdagangan hari Selasa (18/8/2020). Harga karet Tocom di bursa  Osaka-Jepang terpantau menguat melanjutkan gain sebelumnya.  

Pekan lalu pergerakan harga positif disupport oleh laporan ekspor karet Malaysia sebagai salah satu produsen utama yang meningkat. Kemudian sentimen diperkuat oleh laporan Asosiasi Negara Penghasil Karet Alam (ANRPC) memperkirakan konsumsi global naik 2,6% per tahun pada periode Agustus-Oktober seiring dengan membaiknya aktivitas ekonomi di China, AS dan negara-negara konsumen utama lainnya.

Harga karet alami di bursa Osaka untuk kontrak paling ramai untuk kontrak bulan Januari 2021 akhir perdagangan  sesi sore ditutup menguat 0,4 yen atau 0,23%  dari akhir perdagangan sebelumnya ke posisi 176.9 yen, tertinggi dalam sepekan. Sempat bergerak kuat  ke posisi 177,8  dan turun ke posisi rendah di 176,0.

Harga karet di  bursa Singapura – Sicom,  untuk kontrak berjangka bulan September 2020 menguat US$1  atau 0,75% ke posisi 135. Untuk perdagangan karet di bursa Shanghai (SHFE), harga karet kontrak bulan Januar1 2021 berada di posisi 12440 yuan, yang naik 20 yuan atau 0,16% dari posisi sebelumnya. 

Pergerakan kuat harga karet di 3 bursa internasional diatas juga disupport oleh pergerakan positif harga minyak mentah dunia yaitu minyak mentah jenis Brent yang menguat sejak perdagangan hari sebelumnya. Namun di bursa Osaka, penguatan yen terhadap dolar AS berhasil dihiraukan.

Jul Allens / Senior Analyst Vibiz Research Center-Vibiz Consulting  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here