Rekomendasi Harga Minyak 21 Agustus 2020: Berfluktuasi Di Rentang Familiar.

288

(Vibiznews – Commodity) Harga minyak mentah berfluktuasi tajam selama jam perdagangan Amerika dan minyak WTI sempat turun ke kerendahan selama 6 hari di bawah $42 sebelum akhirnya berhasil mengambil kembali kerugiannya. Pada saat ini harga minyak WTI tidak berubah disekitar $42.70.

Selama paruh pertama hari kemarin, WTI bergerak “sideways” di dalam rentang harga yang familiar di bawah $43. Setelah laporan Reuters bahwa OPEC+ mengalami “overproduction” dan outlook dari permintaan yang berkurang, minyak WTI kehilangan daya tariknya.

Reuters melaporkan OPEC+ mengalami “overproduction” pada periode Mei sampai Juli sebanyak 2.31 juta barel per hari. Selain itu di dalam skenario alternatifnya OPEC+ melihat permintaan minyak global akan turun sebanyak 11.2 juta bpd di tahun 2020.

Sebaliknya, berkurangnya ketegangan AS dengan Cina kelihatannya membantu harga minyak mentah tetap tangguh. Jurubicara Kementerian Perdagangan Cina Gao Feng mengatakan bahwa Cina dan AS telah sepakat untuk melanjutkan review dari kesepakatan perdagangan fase kesatu.

Penurunan lebih lanjut akan berhadapan dengan “support” terdekat di $42.63 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $42.28 dan kemudian $41.97. Sedangkan kenaikannya akan berhadapan dengan “resistance” terdekat di $43.29 yang apabila berhasil dilewati akan lanjut ke $43.60 dan kemudian $43.95

Ricky Ferlianto/VBN/Managing Partner  Vibiz Consulting

Editor: Asido

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here